IMG-LOGO
Daerah

NU Kembaran Kebumen Minta Peran Banser Tangani Kecelakaan Anak Sekolah


Selasa 3 September 2019 19:45 WIB
Bagikan:
NU Kembaran Kebumen Minta Peran Banser Tangani Kecelakaan Anak Sekolah
Kaleng Koin NU Kembaran, Kebumen, Jawa Tengah.
Kebumen, NU Online
Pengurus ranting NU Kembaran, Kebumen, Jawa Tengah rutin mengadakan rapat tiga bulanan. Selain untuk menyegarkan dan membangun kedisiplinan organisasi, pertemuan pada Sabtu (31/8) lalu juga untuk mengumpulkan hasil infak warga NU yang diwadahi melalui program 'Koin NU'.
 
Ketua NU Ranting Kembaran, Mudzakir menyampaikan bahwa visi utama agenda Koin NU adalah membangun keistiqamahan warga NU untuk mengembangkan pendanaan mandiri organisasi serta nguri-nguri (memelihara) solidaritas sosial antarwarga NU.
 
"Karena aksi Koin NU akan dikembalikan untuk warga dalam bentuk program yang manfaatnya dapat dirasakan langsung umat," tegasnya.
 
Pengumpulan Koin dilakukan secara sederhana, hanya dengan menaruh sekitar 20-an kaleng plastik. Kaleng plastik ditaruh di warung-warung milik warga NU yang ada di Desa Kembaran. Dilaporkan oleh koordinator Koin NU, Tarkhimudin, hasil infak yang terkumpul per Agustus 2019 sebanyak Rp1.078.500.
 
Rapat yang dibuka dengan pembacaan tahlil, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Subanul Wathon tersebut juga membicarakan penguatan peran sosial Banser di Desa Kembaran. Dalam forum tersebut tercetuskan pentingnya memerankan Banser dalam pengamanan lalu lintas demi menyelamatkan anak-anak sekolah.  
 
Perlu diketahui, bahwa Desa Kembaran adalah desa urban di Kabupaten Kebumen yang memiliki akses yang baik dengan berbagai lembaga publik utamanya sekolah dan perkantoran pemerintah.  Karenanya setiap pagi dan siang hari selalu ramai dengan hilir mudik kendaraan anak sekolah dan pegawai kantoran.
 
"Kondisi ini mengancam keselamatan, utamanya anak-anak SD Kembaran 2," kata Sekretaris NU Kembaran, Widodo.
 
Pihaknya mengatakan pengurus ranting NU secepatnya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah, komite sekolah dan juga kepala desa, sehingga usulan dapat diterima para pihak tersebut. 
 
Dalam pertemuan tersebut juga terungkap gagasan agar NU Ranting Kembaran mulai melakukan penelusuran jejak sejarah pendiri NU Kebumen. Karena, menurut Syuriah NU Kembaran, Kiai Ismail,  salah satu pendiri NU Kebumen adalah warga Kembaran yaitu KH Sujai.
 
Dalam arahanya, Kiai Ismail berpendapat agenda ini penting karena di dalam sejarah ada iktibar berharga bagi generasi saat ini dan akan datang. 
 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG