IMG-LOGO
Nasional

7 PWNU Paparkan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Muktamar NU 2020


Kamis 5 September 2019 16:00 WIB
Bagikan:
7 PWNU Paparkan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Muktamar NU 2020
Pemaparan tujuh PWNU terkait Kesiapan jadi tuan rumah Muktamar NU 2020 (foto: Robikin Emhas)

Jakarta, NU Online

Agenda lima tahunan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muktamar NU bakal digelar tahun depan. Sejumlah PWNU menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Muktamar NU. Namun hanya satu PWNU yang akan menjadi tuan rumah Muktamar NU tersebut.

 

Ketua PBNU Robikin Emhas mengatakan, untuk mendengarkan kesiapan dan menguji kelayakan lokasi Muktamar NU ke-34 itu, PBNU mengundang tujuh PWNU untuk memaparkan kesiapan mereka.

 

“Pemaparan dilakukan secara maraton Rabu 4 September 2019,” kata Robikin di gedung PBNU, Jakarta Kamis (5/9).

 

Adapun tujuh PWNU pengusul tuan rumah Muktamar ke-34 NU tahun 2020 adalah PWNU Sumatera Utara, PWNU Sumatera Selatan, PWNU Lampung, PWNU Banten, PWNU Jawa Tengah, PWNU DI Yogyakarta, dan PWNU Kalimantan Selatan.

 

“Proses itu dilanjutkan dengan penyampaian dasar, alasan dan pertimbangan mengapa usulan sebagai tuan rumah itu dilakakun. PWNU menyampaikan hal ini baik secara tertulis dan dilanjutkan presentasi di hadapan PBNU,” lanjut Robikin.

 

Terkait usulan tuan rumah Muktamar NU, PBNU sendiri membentuk tim 5 yang diketuai Robikin Emhas, dan anggota-anggota adalah Aizuddin Abdurrahman, Umar Syah, Andi Najmi dan Suwadi D Pranoto.

 

Untuk menguji kelayakan tuan rumah Muktamar NU 2020, dilakukan seleksi administrasi, kemudian verifikasi.

 

“Terhadap usulan yang dinilai memenuhi syarat administratif setelah presentasi, poses berikutnya verifikasi faktual yang dilakukan dengan cara survei lapangan. Survei dilakukan tanggal 10-12 dan 17 September 2019,” terang Robikin.

 

Robikin menyebutkan, kriteria, parameter dan indikator kelayakan suatu wilayah sebagai tuan rumah perhelatan akbar NU ini sudah ditetapkan, dan tinggal dilaksanakan oleh Tim 5.

 

Seluruh rangkaian proses beserta hasil-hasilnya dilaporkan Tim 5 kepada PBNU dan selanjutnya dilaporkan dalam Pleno PBNU di Purwakarta Jawa Barat tanggal 20-22 September 2019.

 

Banyaknya PWNU yang menyatakan diri siap menjadi tuan rumah ditanggapi positif oleh warganet. Pada postingan foto-foto pertemuan tujuh PWNU pengusul tuan rumah Muktamar NU 2020 di akun facebook Robikin Emhas, Rabu (4/9) malam, pengguna facebook Ulyas Taha berkomentar, Subhannalah banyak peminat (menjadi tuan rumah Mukmatar NU).

 

“Artinya, NU semakin melekat di hati jam’iyah dan masyarakat,” demikian potongan komentar Ulyas Taha.

 

Pewarta: Kendi Setiawan

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG