IMG-LOGO
Internasional

Pulang ke Tanah Air, Jamaah Haji Pringsewu Terpilih Dapat Fasilitas Eyab


Senin 9 September 2019 09:30 WIB
Bagikan:
Pulang ke Tanah Air, Jamaah Haji Pringsewu Terpilih Dapat Fasilitas Eyab
Layanan Eyab ini berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz. (Foto: NU Online/Faizin)
Madinah, NU Online
Musim haji 2019 kali ini Pemerintah Arab Saudi memberi fasilitas khusus kepada Jamaah Haji Indonesia saat pemulangan ke Tanah Air. Fasilitas ini diberi nama Eyab yang pada tahun ini hanya diberikan kepada 28 kelompok terbang (kloter) yang terpilih.
 
Layanan Eyab ini berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah yang dimulai pada 4 September hingga 11 September 2019. Dari bahasa, Eyab sendiri berarti kepulangan.
 
Jurnalis NU Online Muhammad Faizin, yang masuk pada Kloter 51 JKG 51 Kabupaten Pringsewu Lampung berkesempatan menikmati fasilitas yang cukup nyaman ini. Saat kedatangan, jamaah disambut dengan senyum ramah para petugas dan menempati tempat istirahat yang nyaman.
 
Jamaah juga diberi fasilitas minuman dan makanan khas Arab Saudi seperti kopi dan teh Arab, kurma dan beberapa suguhan lainnya. Pemerintah Arab Saudi juga menampilkan berbagai informasi tentang kebudayaan yang dimilikinya. Fasilitas ini juga merupakan upaya Arab Saudi memberi kesan baik kepada jamaah bahwa negara itu mulai membuka diri terhadap warga negara lain.
 
Menurut salah satu petugas pelayanan kedatangan dan kepulangan haji yang ditemui NU Online, Edayanti, fasilitas Eyab ini diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Arab Saudi atas pengelolaan haji Indonesia. "Jamaah Indonesia terpilih sebagai jamaah yang paling patuh, paling baik dan fasilitas eyab ini sebagai bentuk apresiasinya," katanya, Sabtu (7/9).
 
Dengan fasilitas Eyab, jamaah tidak perlu mengantri dan mendapat jalur khusus saat masuk ke pesawat. Para jamaah akan di naikkan ke pesawat dengan bertahap dengan 50 orang disetiap angkatannya agar tertib dan teratur.
 
Ketua Kloter JKG 51 H Hilal mengungkapkan rasa puasnya terhadap fasilitas Eyab yang diberikan untuk kloternya. Fasilitas ini sangat membantu jamaah untuk beristirahat dan menikmati hidangan yang disuguhkan.
 
Apalagi kloter yang dipimpinnya didominasi oleh para Lansia yang memang memerlukan tempat dan istirahat yang cukup. "Terimakasih atas layanan Eyab yang diberikan kepada jamaah Indonesia. Eyab sangat membantu kami," ungkapnya.
 
Para Lansia dan jamaah yang menggunakan kursi roda juga mendapat prioritas dengan didahulukan saat masuk ke pesawat. Para petugas dengan cekatan mendorong kursi roda dan membawakan barang bawaan jamaah.
 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG