IMG-LOGO
Nasional
HARI SANTRI 2019

Ajang Penghargaan Santri of The Year 2019 Resmi Diluncurkan 


Kamis 12 September 2019 10:30 WIB
Bagikan:
Ajang Penghargaan Santri of The Year 2019 Resmi Diluncurkan 
Peluncuran Ajang Penghargaan Santri of The Year 2019, di Jakarta
Jakarta, NU Online
Peluncuran 'Penghargaan Santri of The Year 2019' resmi dilakukan oleh Islam Nusantara Center (INC) bekerjasama dengan Penerbit Pustaka Compass di Jakarta, Selasa (10/9).
 
Ajang penghargaan ini secara rutin setiap tahun telah digelar oleh INC dalam memperingati Hari Santri 22 Oktober. Hari santri menjadi momentum santri seluruh tanah air untuk membaca kembali karya-karya keilmuan dan sejarah peran besar ulama-santri dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. 
 
Panitia Pelaksana, Zainul Wafa menjelaskan, ajang besar penghargaan untuk santri ini akan digelar pada 18 November 2019 di Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat. "Jika tidak ada perubahan dan hambatan, Insyaallah rencananya akan dilaksanaman pertengahan November tanggal 18 di Perpusnas," ujarnya. 

Dikatakan, tujuan ajang penganugerahan Santri of The Year ini, pertama, agenda ini diadakan untuk menemukan dan menampilkan tokoh atau figur santri yang telah memberikan sumbangsih berupa gagasan inovatif dan kerja serta karya dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
 
“Kedua, mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan keteladanan generasi bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun bangsa dan negaranya,” tandasnya.
 
Dalam rilis yang diterima NU Online, Kamis (12/9) dijelaskan, hingga hari ini santri masuk dan mengisi ruang-ruang dalam berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan sosial, keagamaan, pers, media, militer, politik bahkan hingga ke parlemen dan pemerintah. Tidak sedikit dari mereka yang mengharumkan nama santri.
 
"Di sini akan ditemukan komitmen kebangsaan kaum santri yang tak terbantahkan. 
Perjuangan kaum santri terus berlanjut dan menyebar di ruang-ruang berbagai bidang kehidupan. Seperti pendidikan, ekonomi, sosial-agama, politik, budaya, dll," ungkapnya. 
 
Dikatakan, kaum santri di Indonesia mengalami perkembangan yang mengesankan. Ini dapat menjadi refleksi santri masa kini untuk mengikuti suri tauladan akhlak mulia dan meneruskan perjuangannya.
 
"Mereka yang mendapatkan Santri of The Year bukanlah orang yang paling hebat di antara lainnya, tetapi mereka adalah yang mampu memberikan inspirasi kepada orang lain," tegasnya. 
 
ke depan lanjutnya, agenda ini akan menjadi sebuah penghargaan yang bergengsi dan kredibel sehingga ini bisa menjadi sebuah indikator bahwa santri memiliki banyak kemampuan dan keterampilan di luar bidang keagamaan.
 
Zaenul Wafa menjelaskan, ada empat belas kategori nominasi yang dipilih untuk mendapatkan penghargaan, yaitu Santri Inspirasi Bidang Seni dan Budaya, Santri Inspirasi Bidang Pendampingan Umat (Dakwah), Santri Inspirasi Bidang Pendidikan, Santri Inspirasi Bidang Wirausaha, Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah tingkat Provinsi, dan Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah tingkat kabupaten/kota.
 
Selanjutnya, Pesantren Salaf Inspiratif, Pesantren Modern Inspiratif, Pesantren Takhasus, Pesantren Enterpreneur Inspiratif, Santri Berprestasi Tingkat Internasional, Pahlawan Santri, Santri Mengabdi Sepanjang Hayat, dan Mahasantri Bhakti Negeri.
 
"Saat ini, panitia sedang melakukan survei dan penelitian untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam nominasi tersebut. Masyarakat juga bisa mengusulkan nama-nama tokoh santri yang layak mendapatkan penghargaan tersebut berserta sesuai dengan kategori dan alasannya," tukasnya.
 
Zaenul meminta, nama-nama usulan bisa dikirim ke akun media sosial Islam Nusantara Center. Facebook Islam Nusantara Center INC, @islamnusantaracenter (IG) @IslamNusantaraC (Twitter), 081384478968 (WhatsApps).
 
"Setelah terpilih nama-nama tokoh santri, panitia akan membuka polling di website resmi INC, www.jaringansantri.com. di sini, semua masyarakat dapat terlibat dalam menentukan siapa yang akan terpilih santri of the year 2019," tutupnya.
 
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG