HARLAH KE-90 MA'ARIF NU

Ma'arif NU Instruksikan Peringatan Harlah Ke-90

Ma'arif NU Instruksikan Peringatan Harlah Ke-90
SMK Ma'arif NU Kudus, salah satu sekolah Ma'arif unggulan (foto: smk maarif kudus.sch.id)
SMK Ma'arif NU Kudus, salah satu sekolah Ma'arif unggulan (foto: smk maarif kudus.sch.id)
Jakarta, NU Online
Berkenaan dengan hari lahir Lembaga Pendidikan Ma’arif NU pada tanggal 19 September 2019, Pimpinan Pusat LP Ma'arif NU menginstruksikan kepada seluruh jajaran LP Ma’arif NU di tingkat wilayah dan daerah. Dalam edaran yang ditandatangani Ketua LP Ma'arif NU H Arifin Junaidi dan Sekretaris Harianto Ogie, disebutkan instruksi juga berlaku untuk satuan pendidikan di lingkungan NU.

Instruksi pertama, melaksanakan upacara bendera di satuan pendidikan masing-masing pada tanggal 19 September 2019 dengan agenda utama membacakan pidato harlah ketua LP Ma’arif NU Pusat dalam upacara. Kedua, setiap satuan pendidikan agar melaksanan kegiatan dalam rangka merayakan hari lahir LP Ma’arif NU.
 
LP Ma’arif NU pada tahun ini genap berusia 90 tahun, terhitung sejak
disahkannya pada Muktamar keempat NU di Semarang tahun 1929. Tema harlah ke-90 LP Ma’arif NU adalah Menuju Indonesia Unggul, LP Ma’arif NU Menyiapkan Generasi Emas 2026. 
 
Ketua LP Ma'arif NU, H Arifin Junaidi mengungkapkan, dalam lima tahun terakhir, LP Ma’arif NU telah melakukan sejumlah kegiatan yang memberikan gairah baru. Pertama, menghidupkan satuan pendidikan. "Sejauh ini LP Ma’arif NU telah menyuntikkan energi positif pada setiap pengelola satua pendidikan NU untuk segera menata dan bangkit kembali untuk meraih hari esok yang lebih ceria," ungkapnya.

Kedua, sekolah internasional. Dalam lima tahun terakhir LP Ma’arif NU mampu
mendorong pada guru dan pengelola pendidikan untuk membuka kelas-kelas
internasional. Kelas ini telah tumbuh beberapa sekolah dan madrasah bertaraf internasional. "Perkembangan positif ini terjadi di sejumlah kota besar seperti Surabaya, Semarang, dan lainnya, yang disambut positif oleh masyarakat. Sekolah dan madrasah tidak pernah sepi dari peminat dan tidak kalah menarik dibanding sekolah/madrasah negeri," rinci Arifin.
 
Ketiga, penguatan karakter dan ideologi Aswaja. LP Ma’arif NU dalam lima tahun terakhir telah berperan penting dalam penguatan karakter dan penanaman ideologi. Hal ini dilakukan melalui gerakan pramuka baik tingkat penggalang maupun wirakarya.
 
"Perkemahan Pramuka Ma’arif NU yang dilakukan dua tahun sekali berperan dalam penanaman ideologi Aswaja. Dalam kemah ini ribuan siswa hadir menjadi peserta dan penggiat pramuka yang setia pada Aswa dan Pancasila," paparnya. 
 
Keempat, lanjut Airin, pusat pelatihan. LP Ma’arif NU merencanakan dalam satu tahun ini untuk membangun pusat pelatihan (LP Ma’arif NU Training Center). Pusat pelatihan direncakan akan dibangun di Jakarta sebagai tempat pelatihan para guru dan tenaga kependidikan Ma’arif NU.
 
Semua kegiatan LP Ma’arif NU muaranya satu, pembentukan generasi unggul
sebagaimana cita-cita pemerintah atau dalam konteks LP Ma’arif NU disebut generasi emas. Penciptaan generasi emas ini ditargetkan pada saat NU berulang ke-100 tahun pada tahun 2026.
 
"Sejumlah langkah yang dilakukan LP Ma’arif NU yakin bahwa kita sedang menuai hasil di tahun 2026, lahirnya generasi emas. Akhirnya, selamat ulang tahun ke-90 LP Ma’arif NU. Mari rayakan hari ulang tahun LP Ma’arif NU dengan karya-karya nyata dan program-program unggulan menuju generasi emas 2026," tegasnya.
 
Red: Kendi Setiawan
BNI Mobile