IMG-LOGO
Daerah

Banyuwangi Savana Duathlon Media Kampanye Ramah Lingkungan


Senin 16 September 2019 09:00 WIB
Bagikan:
Banyuwangi Savana Duathlon Media Kampanye Ramah Lingkungan
Bupati Banyuwangi Azwar Anas gunakan motor listrik sapa warga di Alas Purwo
Banyuwangi, NU Online
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggeber event olahraga Banyuwangi Savana Duathlon di Taman Nasional Alas Purwo, Ahad pagi (15/09/2019).
 
Selain menyuguhkan perlombaan paduan olahraga lari dan bersepeda yang diikuti oleh atlet nasional dan internasional, event tersebut juga menjadi media kampanye ramah lingkungan bagi masyarakat lokal di tengah Alas Purwo.
 
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendatangi lokasi hutan penyumbang oksigen terbaik dunia dengan menggunakan motor listrik. Disusul oleh sejumlah rombongan jajaran SKPD dan PLN.
 
Anas mengimbau kepada ratusan wisatawan dan warganya yang hadir untuk memulai pola hidup ramah lingkungan. Dimulai dengan menggunakan angkutan yang bebas polusi, konkritnya adalah kendaraan listrik yang dinilai hemat tenaga dan lebih efisien.
 
"Memulai dengan menjauhi makanan ringan dan minuman yang berbungkus plastik. Perlu diawali pada diri dan keluarga masing-masing dan semua bisa diawali dari diri kita," ucapnya.
 
"Kita didik anak-anak untuk meminimalisir pembelian jajanan ringan berbungkus plastik. Jika pun terpaksa, budayakan membuang sampah pada tempatnya. Jangan merusak dan mengotori alam dengan sampah plastik," imbuh Anas.
 
Bahaya plastik, lanjutnya, alam sulit menguraikan kembali. Butuh puluhan bahkan ratusan tahun ke depan. "Coba kita bayangkan, betapa sulit dan panjangnya," tegas Anas.
 
Berbagai media mengabarkan, jutaan sampah plastik yang mencemari laut akhirnya biota laut rusak. Yang mencengangkan, paus mati dalam kondisi tubuhnya penuh sampah plastik.
 
"Ikan makan plastik, kemudian ikan dimakan manusia. Rantai makanan ini menjadi sumber penyakit pada tubuh masing-masing individu. Penyebab kanker di dalam tubuh dan stunting pada anak," jelas pria berkacamata itu
 
"Karena itu, sekali lagi event olahraga kali ini, di hutan yang sekarang berstatus geopark nasional, kita kampanyekan pola hidup ramah lingkungan," tegas mantan Ketua Pimpinan Pusat IPNU ini.
 
General Manajer PLN UID Jatim Bob Saril menjelaskan, dengan menggunakan CSR industri kelistrikan, PLN mensupport penuh pertumbuhan dan kemajuan potensi wisata di Banyuwangi.
 
Dukungan itu difasilitasi langsung dengan adanya beberapa unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik destinasi unggulan Banyuwangi. Pun ditambah dengan rebranding dan vermak pusat kuliner perkotaan menjadi lebih menarik dan instagramable.
 
"Penggunaan produk listrik, jelas lebih aman, nyaman, dan mudah. Sudah menjadi trend masyarakat sekarang di pusat kota-kota besar menggunakan kompor dan kendaraan listrik," ujar Bob. 
 
Kontributor: M Sholeh Kurniawan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG