PCINU Belanda Sebarkan Kader Berdakwah ke Eropa

Para aktivis dan pengurus PCINU Belanda (Foto: NU Online/Ikbar Sallim Al Asyari)
Para aktivis dan pengurus PCINU Belanda (Foto: NU Online/Ikbar Sallim Al Asyari)
Para aktivis dan pengurus PCINU Belanda (Foto: NU Online/Ikbar Sallim Al Asyari)
Tilburg, NU Online
Proses dakwah penyebaran paham Ahlussunah wal Jamaah Annahdliyah sudah tersebar di seluruh dunia termasuk di Belanda. Proses dakwah ini diinisiasi oleh PCINU Belanda melalui penyebaran kader terbaiknya untuk melakukan penetrasi ke dalam majleis-majelis kajian agama di seluruh Belanda dan Eropa.

Proses inisiasi dicetuskan pada Rapat Kerja (Raker) pengurus dan anggota yang dilaksanakan pada Senin (23/9) di Kota Tilburg.
 
"Kita (kami) di PCINU Belanda memiliki keistimewaan khusus dengan banyaknya kader intelektual militan yang studi post-graduate, doktoral, hingga bekerja di sini," tutur Fahrizal Yusuf Affandi, Sekretaris PCINU Belanda.
 
Menurut Yusuf Affandi, potensi kader harus dimanfaatkan secara maksimal dalam pengembangan NU, saah satunya dengan disebarkan ke pusat-pusat pengajian di seluruh Belanda.
 
"Di antaranya Wagenigen, Amsterdam, Leiden, dan Uttrecht," rinci Fahrizal Yusuf Affandi.
 
Proses penyebaran kader ini dilakukan selain untuk menyebarkan ideologi Aswaja NU, juga adalah untuk merawat kader-kader NU kultural yang tersebar di seantero Eropa khususnya Belanda. Terlebih,  jumlah mahasiswa Indonesia yang di Belanda setiap tahun cukup besar.

"Sayang sekali kalau kader-kader kultural kita harus jatuh ke tangan kelompok lain karena tidak pernah kita sentuh," imbuh Gus Fariz sapaan akrabnya.
 
Saat ini jumlah kader NU struktural yang ada di Belanda sudah mencapai lebih dari 70 orang tersebar di berbagai kota. Harapan ke depan, semua kader aktif NU yang ada di Belanda mampu memberikan warna dalam dunia dakwah Islam yang ramah di Benua Biru. "Dan menjadi representatif Islam Nusantara yang berbudaya dan toleran," tegasnya.
 
 
Kontributor: Ikbar Sallim Al Asyari
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile