IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Muslimat NU Jombang Terbitkan Buku Aswaja untuk TK


Sabtu 28 September 2019 17:00 WIB
Bagikan:
Muslimat NU Jombang Terbitkan Buku Aswaja untuk TK
Ustadz Yusuf Suharto bersama guru TK Muslimat NU Jombang. (Foto: NU Online/panitia)

Jombang, NU Online

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat (IGTKM) se-Jombang menyelenggarakan Seminar Pemantapan Aswaja. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/9).

 

Dalam sambutannya, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU, Nyai Muflihah Shohib Bisri menyatakan bahwa kegiatan pemantapan Aswaja untuk guru TK sangatlah penting. Karena guru adalah model teladan dari para peserta didik, demikian juga penerbitan buku Aswaja untuk TK.

 

"Tak ada kata terlambat. Penting, buku Aswaja untuk TK dan guru sebagai model. Karena anak-anak itu lebih percaya pada gurunya daripada kepada orang tuanya," kata Seksi Pendidikan PC Muslimat NU Jombang ini di hadapan peserta seminar.

 

Sebagaimana diketahui, di Jombang sudah menerbitkan buku Aswaja untuk TK, yang ditulis oleh Ketua IGTK, M Nur Liffah.

 

Ia berharap bagaimana agar guru benar-benar ber-Aswaja. Demikian pula selanjutnya agar murid TK dan RA (Raudlatul Athfal) dipastikan diberikan pendidikan Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah secara benar.

 

"Kebutuhan untuk kelompok bermain mungkin masih dalam bentuk pujian-pujian. Kalau untuk TK A dan B, dikenalkankan misalnya mewarnai lambang NU, pengenalan tokoh pendiri NU, dan seterusnya,” kata cucu KH Bisri Syansuri ini.

 

Menurutnya, panduan Buku Aswaja di IGTKM sudah ada. “Hal itu agar guru-guru mau mengajarkan dan mengenalkan untuk peserta didiknya,” ungkapnya.

 

Sementara itu Ustadz Yusuf Suharto yang tampil sebagai pemateri tunggal mendukung agar buku itu dipergunakan secara luas di kalangan TK Muslimat NU sehingga bermanfaat bagi nahdliyin atau warga NU.

 

"Kita harus ikut menjunjung upaya sesama Nahdliyin. Termasuk dengan menggunakan buku ini secara luas di lingkungan TK Muslimat NU,” kata salah seorang narasumber di Pengurus Wilayah (PW) Aswaja NU Center Jawa Timur tersebut.

 

Seminar tersebut mendapat sambutan yang hangat dari peserta yang terdiri guru TK, RA, dan KB (Kelompok Bermain) Muslimat NU. Dalam sesi tanya jawab, mereka antusias melontarkan sejumlah pertanyaan, di antaranya terkait dengan cara yang bagus untuk menyampaikan pengetahuan Aswaja an-Nahdliyah agar bisa diterima dengan nyaman.

 

Pewarta: Ibnu Nawawi

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG