Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Jatim Tingkatkan Keterampilan dengan Latihan Gabungan

Banser Jatim Tingkatkan Keterampilan dengan Latihan Gabungan
Latihan gabungan Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jatim di Madiun. (Foto: NU Online/Imam Kusnin Ahmad)
Latihan gabungan Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jatim di Madiun. (Foto: NU Online/Imam Kusnin Ahmad)
Madiun, NU Online
Caci maki dan bully-an tidak membuat langkah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) surut. Tapi malah menambah ghirah atau semangat perjuangan. Terbukti hampir di seluruh  pelosok negeri ini ada kegiatan Banser melalui satuan khusus organisasi di bawah naungan Nahdlatul Ulama tersebut.
 
Contohnya Banser Jawa Timur. Untuk mengingkatkan keterampilan dan kapasitas anggotanya, Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jatim mengadakan Latgab atau Latihan Gabungan. Kali ini meliputi Basada (Banser Husada), Balantas (Banser Kelalulintasan) dan Bagana (Banser Penanggulangan Bencana). 
 
Kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (27-29/9) di Madiun.
Latgab diikuti 350 personil Banser dari seluruh Jawa Timur, Bali, Jawa Barat dan Banten, serta ditutup secara resmi oleh Kepala Satuan Koordinasi Nasional atau Kasatkornas Banser, H Alfa Isneini.
 
"Sebenarnya Latgab ini hanya diperuntukkan  untuk peningkatan skil dan kualitas SDM anggota Banser di Jatim. Namun ada beberapa daerah mengirimkan anggotanya untuk ikut bergabung," kata Kasatkorwil Banser Jatim, Yunianto Wahyudi, Ahad (29/9).
 
Menurut Yudianto Wahyudi yang akrab dipanggil Masteng, bahwa satuan khusus itu memiki kapasitas sendiri dalam terjun ke medan juang dalam membantu warga dan masyarakat.
 
Contoh Banser Tanggap Bencana (Bagana). Satuan ini  merupakan satuan yang mengemban amanah melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan di bidang penanggulangan kebencanaan. Fungsi dan tanggung jawabnya adalah tanggap darurat, dan rehabilitasi. 
 
"Satuan  ini bertanggung jawab atas tugas penanggulangan bencana dan rehabilitasi pasca bencana," ungkap Masteng. 
 
Sedangkan Satuan Khusus Banser Lalu Lintas (Balantas) ungkap Masteng adalah satuan di Banser yang bertugas aparat kepolisian untuk mengatur transportasi jalan, serta risiko kecelakaan. Hal tersebut guna terwujudnya kelancaran dan ketertiban lintas lintas. 
 
”Mulai dari pusat hingga desa, unit ini sudah terbentuk. Contoh setiap lebaran kita selalu membuat posko di semua kabupaten dan kota,” ujar Masteng. 
 
Sementara Barisan Ansor Serbaguna Husada (Basada) jelas Masteng adalah satuan khusus Banser yang mengemban tugas bantuan di bidang kedokteran, kesehatan, dan norma hidup sehat. Dan hal itu untuk masyarakat khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda Ansor dan masyarakat.
 
"Sebenarnya masih ada 5 satuan lain di Banser. Latgab kali ini hanya melibatkan tiga satuan saja yakni Bagana, Balantas dan Basada," tandasnya. 
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile