Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Ketua NU di Gresik: Program Bisa Mandiri Jika Ada Sinergi

Ketua NU di Gresik: Program Bisa Mandiri Jika Ada Sinergi
Sejumlah badan otonom dan lembaga NU di Pematangsiantar saling bersinergi. (Foto: NU Online)
Sejumlah badan otonom dan lembaga NU di Pematangsiantar saling bersinergi. (Foto: NU Online)
Gresik, NU Online 
Seluruh komponen di Nahdlatul Ulama hendaknya saling menguatkan. Baik lembaga maupun badan otonom serta pengurus di setiap tingkat harus saling bersinergi demi memastikan tujuan utama dalam berkhidmat di jamiyah.
 
Penegasan disampaikan Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, H Ainul Ma'arif. 
 
“Badan otonom atau Banom NU harus bersinergi satu sama lain, agar program-program NU dapat berjalan dengan kemandirian,” katanya, Ahad (29/9).
 
Harapan dikemukakannya pada kegiatan Latihan Kader Muda atau Lakmud Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Manyar.
 
“Melalui kegiatan Lakmud ini, kader-kader yang nantinya mewujudkan sinergitas sehingga bisa terlaksana dalam berkhidmah di NU,” harapnya. 
 
Sedangkan Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Gresik yang diwakili Nur Afifah menjelaskan bahwa Lakmud merupakan lanjutan dari tingkat sebelumnya yakni Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta dan merupakan pengkaderan tertinggi di tingkatan PAC. 
 
“Rekan dan rekanita diharapkan benar-benar dapat menerapkan materi yang sudah diajarkan di masing-masing tempatnya pasca Lakmud ini berakhir,” harapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, pemangku Pesantren Roudlotus Salam, KH Sahal Musyaffa' berpesan bahwa penentuan lokasi Lakmud ini bersanad atau bersambung dengan peristiwa yang dulu dialami KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 
 
“Peristiwa itu berupa pendirian dan pengenalan NU di kancah internasional yang berlokasi di pojok PBNU atau Pojok Gus Dur dan bersambung dengan beliau berkunjung ke Pesantren Roudlotus Salam Banjarsari ini yang berada di pojok desa Banjarsari,” ungkapnya. 
 
Karenanya, KH Sahal Musyaffa’ kegiatan bermanfaat. “Semoga dapat meningkatkan semangat peserta yang mengikuti Lakmud ini,” tuturnya.
 
PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Manyar mengadakan Lakmud sejak Jumat hingga Ahad (27-29/9) di Pondok Pesantren Roudlotus Salam, Banjarsari, Manyar, Gresik.
 
Turut hadir pada acara tersebut antara lain, Ketua MWCNU Manyar, Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Gresik, PAC IPNU-IPPNU Kebomas, dan PAC IPNU-IPPNU Bungah.
 
 
Kontributor:  M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya