IMG-LOGO
Daerah

Ketua NU Jember: ISNU Adalah Laboratorium Pemikiran NU


Senin 30 September 2019 11:30 WIB
Bagikan:
Ketua NU Jember: ISNU Adalah Laboratorium Pemikiran NU
“Kami berharap agar ISNU bisa melaksanakan penguatan SDM dan perluasan kapasitas personal,” terang Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul ArifiN (NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) merupakan energi baru bagi NU Jember. Sebab di situlah berkumpul para intelektual NU dari berbagai latar belakang profesi. Dengan demikian, maka ISNU menjadi salah satu pilar NU yang cukup penting bagi bergeraknya roda organisasi.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin saat memberikan sambutan dalam Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ISNU se-Kabupaten Jember di aula Kampus 2 Universitas Islam Jember (UIJ), Ahad (29/9).

 

Menurutnya, sebagai lembaga yang berbasis intelektual, tentu saja ISNU diharapkan dapat memprioritaskan penguatan SDM (sumber daya manusia) bagi keseluruhan warga NU. Katanya, selama ini rendahnya SDM memang menjadi problem tersendiri bagi NU.

 

“Kami berharap agar ISNU bisa melaksanakan penguatan SDM dan perluasan kapasitas personal,” terangnya.

 

Gus Aab, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa salah satu garapan ISNU adalah memberikan advokasi terhadap pembahasan perundang-undangan. Pokok bahasannya adalah apakah undang-undang ataupun Perda yang akan atau tengah dibahas di parlemen sudah berpihak kepada rakyat atau malah sebaliknya. Dengan begitu, paling tidak ISNU ikut memperkaya khasanah pemikiran (perundang-undangan) yang terkait dengan kepentingan bangsa.

 

“ISNU sebagai laboratorium pemikiran NU perlu ambil bagian dalam pembahasan yang menyangkut kepentingan bangsa,” ujarnya.

 

Di bagian lain, Dosen IAIN Jember itu menekankan pentingnya ISNU memikirkan peningkatan perekonimian warga NU. Sebab hingga saat ini soal perekonomian masih menjadi masalah serius bagi warga NU sekaligus tantangan pengurus NU.

 

“Silahkan dibahas, dikonsep bagaimana jalan keluarnya. Nanti eksekusinya bisa dilakukan oleh lembaga terkait, misalnya LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama). Atau yang terkait dengan pertanian, karena 60 persen lebih warga NU adalah petani. Silahkan dibahas, nanti eksekusinya di LPPNU (Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama),” jelasnya.

 

PC ISNU Jember mempunyai 31 PAC. Berarti seluruh kecamatan (PAC) yang ada di Jember bergabung dengan PC ISNU Jember. Ini berbeda dengan Pengurus Cabang NU Jember yang ‘terbelah’ menjadi dua, yaitu Cabang Jember dan Cabang Kencong. Keterbelahan ini juga menurun ke Banom dan lembaga NU lainnya, kecuali ISNU.

 

“Ini satu anugerah tersendiri. ISNU Kencong gabung dengan kita (ISNU Jember). Meskipun yang dilantik hari ini hanya 26 PAC, tapi sisanya sudah menyatakan siap melengkapi kepegurusan ,” terang Ketua PC ISNU Jember, H Hobri Ali Wafa.

 

Pelantikan PAC ISNU se-Kabupaten Jember yang dilakukan oleh Abdul Halim Soebahar (mewakili PW ISNU Jawa Timur) tersebut cukup meriah. Sejumlah pengurus teras ISNU Jember yang berasal dari IAIN Jember, Universitas Jember , dan Universitas Islam Jember juga hadir.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

 

 

 

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG