HARI SANTRI 2019

19 Pesantren di Tegal Semarakkan Futsal Hari Santri 

Pembukaan turnamen futsal santri di Tegal Jaw Tengah (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Pembukaan turnamen futsal santri di Tegal Jaw Tengah (Foto: NU Online/Nurkhasan), 19 Pesantren di Tegal Semarakkan Futsal Hari Santri 
Pembukaan turnamen futsal santri di Tegal Jaw Tengah (Foto: NU Online/Nurkhasan), 19 Pesantren di Tegal Semarakkan Futsal Hari Santri 
Tegal, NU Online
Sedikitnya 19 Tim Pesantren mengikuti 'Turnamen Futsal' dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Santri tahun 2019 yang dihelat Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Ahad (6/10) di Gedung Futsal Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.
 
Turnamen dibuka secara resmi oleh Pengasuh Pesantren Ma’hadut Tholabah  Babakan Tegal KH Nasichun Isa Mufti. Dalam kesempatan itu hadir Ketua RMINU Kabupaten Tegal KH Syamsul Arifin dan Ketua Panitia KHA Sodirin.
 
Pengasuh Pesantren Ma'hadut Tholabah KH Nasichun Isa Mufti  mengatakan, turnamen futsal yang digelar dalam rangka menyambut Hari Santri tahun 2019 diharapkan mampu merajut kebersamaan dalam keberagaman melalui seni dan olahraga.
 
Penyelenggaraan turnamen ini lanjutnya, bertujuan untuk merajut silaturahim antarsantri se-Kabupaten Tegal agar saling mengenal dan sekaligus untuk mengembangkan olahraga futsal di kalangan para santri. Selain itu, melalui olahraga dapat mengasah bakat dan minat para santri.
 
“Akal yang sehat terletak pada badan yang sehat, maka turnamen futsal ini sebagai wujud untuk menyehatkan badan kita serta sebagai jalinan membangun silaturahim," ujar KH Nasichun.
 
Menurutnya, sebagai santri harus memiliki jiwa toleran serta bisa membuktikan kalau santri bisa bergerak dan berjuang bersama masyarakat di bidang apa saja termasuk bidang olahraga, pemerintahan, dan kemiliteran. 

"Juga bidang lain yang membawa manfaat bagi nusa, bangsa, negara, dan agama," imbuhnya.
 
Salah satu Panitia Hari Santri Akhmad Tubagus Ali Fahmi menjelaskan, turnamen futsal diikuti 19 pesantren terbagi dalam dua grup.
 
Untuk grup A terdiri dari Ponpes Tarbiatun, Darul Khoer, Al-Fajar, Al-Hikmah, Riyadus Sholihin An-Nur, Darussalam, dan Ar-Rifa.
 
Untuk grup B terdiri dari Pesantren Ma’hadut Tholabah, Sunan Kalijaga, Al-Fathu, Ribath Nurul Hidayah, Nurul Huda Hasyimiyah, Al-Abror, Al-Fatih, Al-Adalah,  Al-Amiriyah, dan Hidayaturrohman. 
 
Dikatakan, rangkaian peringatan Hari Santri tingkat Kabupaten Tegal tahun 2019 yang dilaksanakan RMINU Kabupaten Tegal juga diisi dengan lomba hadrah antarpesantren di gedung PCNU Kabupaten Tegal. 
 
"Puncak acara dilaksanakan upacara Hari Santri serta Kirab Santri yang mengambil start dari Kecamatan Bumijawa dan finish di Kecamatan Slawi mulai tanggal 15 - 22 Oktober 2019," pungkas Fahmi. 
 
Kontributor: Dasuki, Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile