IMG-LOGO
Daerah
HARI SANTRI 2019

Sambut Hari Santri, SDNU di Jember Gelar Creative Carnaval


Senin 21 Oktober 2019 05:30 WIB
Bagikan:
Sambut Hari Santri, SDNU di Jember Gelar Creative Carnaval
Suasana SDNU Creative Carnaval yang disambut hangat warga. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Dalam rangka memeriahkan Hari Santri 2019, SD Nahdlatul Ulama (NU) Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur menggelar SDNU Creative Carnaval, Ahad (20/10). SDNU Creative Carnaval tak ubahnaya bagai JFC (Jember Fashion Caranval) yang terkenal itu. Namun persyaratannya adalah kostum yang dikenakan berbahan baku benda atau barang daur ulang.

 

“Jadi memang persyaratan kostumnya untuk saat ini kita bikin yang sedemikian rupa, memanfaatkan benda daur ulang sekaligus menguji kreatifitas peserta. Sehingga jika memang kreatif, dengan pakaian daur ulang sekalipun tetap menarik,” ujar Kepala SDNU Padomasan, Mohammad Baits Sulton kepada NU Online di sela-sela karnaval.

 

Dari sisi kostum terdapat 4 kategori dalam SDNU Creative Carnaval itu. Yakni plastik, karung, dan bahan alam. Meskipun kostumnya dari bahan daur ulang, namun tak mematikan kreatifitas peserta yang berjumlah 800 orang itu. Mereka start di lapangan Desa Padomasan, dan finish di halaman SDNU Padomasan.

 

Sambutan masyarakat sungguh luar biasa. Selain berbondong-bondong menyaksikan pelepasan peserta, masyarakat juga menyaksikan lenggak-lenggok peserta di sepanjang jalan yang dilalui sekitar dua kilometer.

 

“Alhamdulillah, sangat meriah. Ini untuk menyambut Hari Santri. Hidup santri,” lanjut Sulton.

 

Ia menambahkan, acara tesebut sudah dilaksanakan berturut-turut sejak 5 tahun yang lalu sejak Hari Santri ditetapkan. Setiap tahun temanya berbeda, disesuaikan dengan keadaan dan situasi. Tahun ini temanya terkait dengan alam dan bahan-bahan daur ulang.

 

"Ternyata peserta sangat kreatif, dan ini (karnaval) selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” jelasnya.

 

Sulton menegaskan, tahun-tahun mendatang, SDNU Creative Carnaval akan ditingkatkan kualitasnya dan diperluas jangkauan kepesertaannya. Dikatakannya, saat ini pesertanya selain dari murid-murid SD, juga ada dari Madrasah Tsanawiyah dan SMP sekitarnya. Sehingga diharapkan SDNU Creative Carnaval semakin meriah.

 

“Hari Santri sungguh luar biasa, dan ini patut kita syukuri,” pungkasnya.

 

Dari masing-masing kategori, peserta terbaik mendapatkan hadiah sepeda. Sedangkan hadiah utamanya adalah tiga sepeda goes, tiga kompor gas dan regulator, tiga kipas angin, dan tiga setrika listrik.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG