HARI SANTRI 2019

Ma'arif NU Jatinegara Tegal Gelar Kemah Penggalang Ketiga

Upacara Hari Santri di Perkemahan Pergama III Ma'arif NU Jatinegara, Selasa (22/10) (Foto: NU Online/Tahmid)
Upacara Hari Santri di Perkemahan Pergama III Ma'arif NU Jatinegara, Selasa (22/10) (Foto: NU Online/Tahmid), Ma'arif NU Jatinegara Tegal Gelar Kemah Penggalang Ketiga
Upacara Hari Santri di Perkemahan Pergama III Ma'arif NU Jatinegara, Selasa (22/10) (Foto: NU Online/Tahmid), Ma'arif NU Jatinegara Tegal Gelar Kemah Penggalang Ketiga
Tegal, NU Online
Menyemarakkan Hari Santri tahun 2019, Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal kembali menggelar Perkemahan Penggalang Ma'arif NU (Pergama). Pergama kali ini merupakan penyelenggaraan ketiga oeh Sako Ma'arif NU Jatinegara, Tegal.
 
Ketua Panitia Solihin dalam perkemahan Regu Penggalang Koordinator Sako Ma'arif NU Jatinegara mengatakan, kegiatan Pergama III berlangsung selama tiga hari mulai Senin (21/10) sampai dengan Rabu (23/10) di Desa Gantungan Kecamatan Jatinegara.
 
"Pergama III diikuti 900 Pramuka Penggalang dari 18 Gudep pangkalan SD, MI, SMP dan MTs di bawah naungan Ma'arif NU dan yayasan se-Kecamatan Jatinegara. Peserta tahun ini meningkat empat kali lipat dari tahun sebelumnya (2018)," ujar Solihin.
 
Sejumlah lomba diadakan dalam ajang Pergama 3 Sako Ma'arif NU Jatinegara, yaitu Pionering, PBB, kaligrafi NU, pertendaan, LCC Aswaja dan Seni Hadrah. Tingkat SMP/MTs PBB Tongkat, Pertendaan, LCC Aswaja, Kaligrafi NU, Seni Hadrah.
 
Sementara kegiatan di perkemahan adalah shalat berjamaah, pembacaan Shalawat Nariyah, Tausiyah agama, materi Ke-NU-an.
 
Ketua Koordinator Sako Maarif NU Jatinegara, Tahmid, menambahkan sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU harus menjadi pilar terdepan dalam memajukan dan memberdayakan Pramuka lebih maksimal. 
 
"Selain menyemarakkan Hari Santri, Pergama III merupakan sarana membentuk karakter Pramuka berciri khas Ahlussunah wal Jamaah Annandiyah," tandasnya.
 
Sekcam Jatinegara Abdul Basit, menyampaikan apresiasi atas digelarnya Pergama III. Dia menilai, di usianya yang ketiga, adanya kemajuan yang luar biasa baik di tubuh Lembaga Pendidikan Ma'arif maupun Sako Pramuka Ma'arif NU Jatinegara.
 
"Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya atau ghirah sekolah dan madrasah Ma'arif NU dalam mengembangkan kepramukaan. Semoga kegiatan baik bidang kepramukaan maupun bidang amaliyah ibadah ala Ahlussunah wal Jamaah  Annahdliyah bisa diikuti dengan baik oleh peserta," ungkapnya.
 
Senada, Ketua PC LP Ma'arif NU Kabupaten Tegal H Alfatah saat meninjau kegiatan mengemukakan,  Pergama III bisa menjadi wahana pembentukan karakter Pramuka Ma'arif NU yakni mengedepankan ciri khas Pramuka Aswaja Annahdiyah.
 
"Diharapkan akan lahir kader-kader pemimpin dari Pramuka Sako Ma'arif NU. Di Pramuka banyak pengetahuan dan keterampilan yang bisa dipelajari sebagai bekal di masa depan," pungkasnya.
 
Muhammad Haris, Pengurus MWCNU Kecamatan Jatinegara menyampaikan pelaksanan perkemahan Sako Maarif NU ini diharapkan untuk mengetahui perjuangan para santri.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile