Bupati Sidoarjo: Iptek dan Takwa Harus Beriringan

Bupati Sidoarjo: Iptek dan Takwa Harus Beriringan
Gerakan Literasi Al-Qur’an di Pendopo Kabupaten Sidoarjo dalam rangkaian Hari Santri 2019. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Gerakan Literasi Al-Qur’an di Pendopo Kabupaten Sidoarjo dalam rangkaian Hari Santri 2019. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Sidoarjo, NU Online
Ribuan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta dan negeri se-Sidoarjo Jawa Timur memadati pendopo kabupaten setempat untuk mengikuti kegiatan yang bertajuk Gerakan Literasi Al-Qur’an pada Sabtu (26/10) lalu.
 
Kegiatan dikemas dengan khataman al-Qur’an 114 kali yang dibaca oleh 6.666 siswa putra-putri dan dipimpin beberapa siswa hafidz Qur’an dengan didampingi para guru. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-AI) SMP Kabupaten Sidoarjo. 
 
Abdul Mujib selaku ketua panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini. 
 
“Khataman ini dalam rangka untuk ikut memeriahkan Hari Santri 2019 dan menggiatkan gerakan literasi al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam,” kata ketua panitia acara tersebut kepada NU Online, Senin (28/10). 
 
Menurut Ketua Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sidoarjo tersebut, kegiatan seperti ini harusnya terus digalakkan dengan melibatkan pelajar.
 
”Harusnya kita galakkan lagi dalam rangka membaca, mendalami, memahami, sekaligus mengamalkan nilia-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. 
 
Dirinya bersyukur pada acara itu bisa mengkhatamkan 114 kali sekaligus melaksanakan anjuram dan berupaya merengkuh manfaat dari kegiatan.
 
“Semuanya berkat ridla Allah SWT. Dan Dia telah menjanjikan, tidak akan pernah susah orang yang mau mencintai al-Qur’an,” terangnya.
 
 “Maka dari itu, harapan kita semua yang hadir khususnya, bukan hanya orang yang sekadar membaca Al-Qur’an, bukan orang yang hanya memahami, mudah-mudahan digolongkan sebagai ahli al-Qur’an”, terangnya.
 
NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo juga turut berpartisipasi pada acara tersebut dalam bentuk dana dan dokumentasi oleh tim media. 
 
Divisi humas NU Care-LAZISNU Sidoarjo saat dikonfirmasi menyebutkan telah banyak sekolah SMP negeri dan swasta di Sidoarjo yang telah menjadi donatur LAZISNU dan mereka juga turut menyukseskan kirab kotak Koin NU beberapa waktu lalu.
 
Turut hadir pada acara ini bupati, H Saiful Ilah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengurus MGMP PAI SMP, siswa dan guru SMP se-Kabupaten Sidoarjo. 
 
Bupati menyampaikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranyan acara ini. 
 
“Pada pendidikan perlu dilakukan secara berimbang antara meningkatkan pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek dan juga mengembangkan  ilmu pengetahuan dan takwa,” katanya.
 
Berikutnya, bupati berharap para pelajar teguh pendirian tanpa kekerasan guna menghadapi tantangan hari esok yang penuh dengan persaingan. 
 
“Dengan keteguhan hati dan kekuatan iman, Insyaallah segala upaya dan cita-cita kita akan terwujud,” tandasnya. 
 
 
Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile