Gabung Banser Niatkan Jaga Ulama dan NKRI

Gabung Banser Niatkan Jaga Ulama dan NKRI
Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) V yang digelar PC Gerakan GP Ansor Kubu Raya. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Miftahul Ulum Sungai Raya.
Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) V yang digelar PC Gerakan GP Ansor Kubu Raya. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Miftahul Ulum Sungai Raya.
Kubu Raya, NU Online
Seluruh elemen di Nahdlatul Ulama hendaknya dapat didermakan untuk bangsa dan menjaga muruah ulama. Termasuk di dalamya aktif di Barisan Ansor Serbaguna atau Banser.
 
“Semua anggota Banser baik yang sudah terlatih atau baru akan mengikuti pelatihan agar tetap istikamah dan harus ikhlas berkhidmat di jamiyah Nahdlatul Ulama dengan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dan para ulama,” kata KH Muhyidin, Sabtu (2/11).
 
Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat tersebut  juga berharap bergabung dalam Banser menjadikan salah satu sebab dikumpulkan dengan muassis atau para pendiri Nahdlatul Ulama.
 
Penegasan ini disampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) V yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kubu Raya. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Miftahul Ulum Sungai Raya.
 
Junaidi selaku Ketua PC Ansor Kubu Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa Diklatsar ini adalah pelatihan dasar bagi siapapun yang ingin menjadi bagian dari Banser. 
 
“Selama pelatihan tentu nantinya tidak akan mudah khususnya yang berkaitan fisik dan mental para calon anggota,” katanya. Sehingga perlu dipersiapkan dengan baik bagi para calon anggota baru diharapkan setelah pelatihan nanti sahabat semuanya menjadi Banser yang benar-benar bisa diharapkan untuk menjaga NKRI dan para ulama, lanjutnya.
 
Biong selaku panitia Diklatsar dari Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Sungai Raya melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (1-3/11) yang dipusatkan di Pesantren Miftahul Ulum Kumpai Desa Ambanga Sungai Raya dan diikuti 95 peserta.

Sementara Kepala Desa Ambanga Samsuri mengatakan sangat berterima kasih dan sangat mendukung kegiatan ini.
 
“Kami berharap semoga di desa kami ke depan bisa terbentuk Pengurus Ranting Ansor untuk bersama-sama membangun daerah Ambanga ini khususnya di bidang pembinaan para pemuda,” harapnya.
 
Pada acara pembukaan Diklatsar V PC GP Ansor Kubu Raya dihadiri KH Hasyim Asy'ari selaku Pengasuh Pesantren Miftahul Ulum, KH Muhyiddin Shaleh yakni Rais MWCNU Sungai Raya, juga Samsuri sebagai Kepala Desa Sungai Ambangah.  
 
 
Kontributor: Suryadi
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile