IMG-LOGO
Daerah

Di Malang, ISNU Jatim Kenalkan Gerakan Menabung Air


Rabu 6 November 2019 07:00 WIB
Bagikan:
Di Malang, ISNU Jatim Kenalkan Gerakan Menabung Air
Pemberian bantuan air bersih oleh PW ISNU Jatim. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Malang, NU Online                                       
Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur menyalurkan bantuan air bersih untuk warga kekeringan di Kabupaten Malang. Penyaluran air bersih itu diserahkan di Krajan 3 Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang.
 
Ketua PW  ISNU Jatim M Mas’ud Said menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bentuk solidaritas kepada warga masyarakat yang mengalami kekeringan. Sebab usai bencana kekeringan, warga dipastikan membutuhkan air bersih untuk kepentingan sehari-hari.
 
"Biasanya untuk mendapat air bersih warga harus menempuh perjalanan kurang lebih dua kilometer, itu pun harus antre lama dan jumlahnya dibatasi," ujar Prof Mas'ud, sapaan akrabnya, Selasa (5/11).
 
Dia menyampaikan, sedekah air bersih dari PW ISNU Jawa Timur bersama PC ISNU Kabupaten Malang tersebut dilakukan selama empat hari. Dalam sehari air bersih yang didistribusikan sebanyak enam ribu liter.
 
Air tersebut diperuntukkan bagi warga RT 16 RW 4, Dusun Krajan, Desa Putukrejo Kecamatan Kalipari Kabupaten Malang, sebanyak 100 KK . Sebelum melakukan sedekah air bersih tersebut, PW ISNU telah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang. Sehingga tidak terjadi penumpukan air bersih yang dilakukan oleh pemerintah.
 
Selain melakukan sedekah air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan, PW ISNU bersama PC ISNU juga melakukan pemetaan secara partisipatif untuk membuat sumur resapan dengan mempergunakan istilah menabung air.
 
Di mana air hujan yang akan datang sebentar lagi tidak langsung mengalir ke selokan atau ke sungai. Melainkan dapat ditampung sumur resapan sebagai salah satu solusi menampung air hujan. Sehingga air mampu meresap ke dalam tanah dan tidak hilang begitu saja.
 
"Dengan adanya kegiatan menabung air diharapkan dapat mengatasi kekeringan yang melanda di desa ini pada saat musim kemarau. Sehingga dengan demikian keberadaan sumur resapan bisa menjadi bagian membangun kesadaran untuk menabung air," kata Ketua PC ISNU Kabupaten Malang,  Kiai Abdullah Sam.
 
Dalam penyaluran sedekah air bersih tersebut, juga diikuti oleh Sekretaris PC ISNU Malang, Muh Rosyid, wakil bendahara dan dua pengurus lainnya.
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG