IMG-LOGO
Nasional

Wapres Kiai Ma’ruf Resmikan Rumah Sakit Syubbanul Wathon Tegalrejo


Kamis 7 November 2019 21:00 WIB
Bagikan:
Wapres Kiai Ma’ruf Resmikan Rumah Sakit Syubbanul Wathon Tegalrejo
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11). (Foto: Gus Yusuf)

Jakarta, NU Online

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11). Peresmian dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan prasasti oleh Kiai Ma’ruf, yang disaksikan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Kesehatan Letjen TNI (purn) Terawan Agus Putranto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Ketua Yayasan Syubbanul Wathon KH Yusuf Chudlori, Pendiri dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

RSU Syubbanul merupakan kerja sama antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Yayasan Syubbanul Wathon, dan Lippo Group melalui Siloam Hospitals.

 

Dalam sambutannya, Kiai Ma’ruf menyampaikan terima kasih atas pembangunan RSU yang dilakukan dengan gotong royong ini. Kiai Ma’ruf pun menyatakan bahwa hanya di Indonesia, rumah sakit dibangun atas inisiasi masyarakat, organisasi, dan pengusaha. Gotong royong disebutnya telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang tidak dimiliki negara-negara lain.

 

"(RSU) Ini merupakan wujud daripada sikap perilaku gotong royong yang kita miliki. Ada Lippo Group, PBNU, kemudian juga Pesantren Tegalrejo, kemudian juga pemerintah karena di dalamnya ada BPJS. Jadi, ada pihak-pihak yang bekerja sama, ini kemudian terwujudlah rumah sakit," katanya.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Rumah Sakit Syubbanul Wathon Tegalrejo

Ia  berharap, RSU ini bisa memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat. Ia menganggap misi kesehatan merupakan tugas mulia yang bagi muslim sebagai kewajiban kolektif.

 

“Tak hanya tangani orang sakit, tetapi juga upaya pencegahan dan promotif. Tidak hanya kuratif, supaya yang sakit tidak banyak. Perlu digalakkan Germas-nya. Memberikan pelayanan kesehatan menurut paham saya bagi pesantren itu minimal fardu kifayah, bahkan bisa jadi fardu ain,” terangnya.

 

Sementara Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berharap, RSU Syubbanul Wathon menghadirkan pelayanan kesehatan modern dan bermutu tinggi. Kiai Said juga berharap keberadaan RSU itu dapat membuka lapangan kerja bagi tenaga lokal.

 

"Kami berharap kehadiran RSU Syubbanul Wathon membawa manfaat dan berkah bagi masyarakat Tegalrejo dan Magelang," katanya.

 

Sementara Pendiri dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan Kiai Ma’ruf menghadiri dan meresmikan RSU Syubbanul Wathon. Ia menyatakan, pembangunan RSU itu merupakan bagian dari misi pribadinya dalam mengentaskan kemiskinan di daerah.

 

RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit tipe C yang dibangun di atas lahan seluas  4.800 meter persegi dengan total luas bangunan seluas 6.000 meter persegi dan terdiri atas tiga lantai. RSU tersebut berkapasitas 122 tempat tidur dengan beragam layanan dan fasilitas yang dimiliki seperti IGD 24 jam, laboratorium dan farmasi 24 jam, serta fasilitas ultrasonografi dan x-ray.

 

Pewarta: Husni Sahal

Editor: Muhammad Faizin

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG