IMG-LOGO
Nasional

Sore Ini, Nur Iman FC dan Al-Ma'mur Perebutkan Juara Liga Santri Nusantara


Jumat 8 November 2019 15:38 WIB
Bagikan:
Sore Ini, Nur Iman FC dan Al-Ma'mur Perebutkan Juara Liga Santri Nusantara
Nur Iman mengenakan kaus oranye, sementara Al-Ma'mur bir. Kedua tim memperebutkan gelar juara Liga Santri Nusantara musim 2019 sore ini (Foto: NU Online/Alawi)

 

 

Bogor, NU Online

Liga Santri Nusantara musim 2019 memasuki babak final yang mempertemukan kesebelasan Pondok Pesantren Nur Iman FC dari Sleman Yogyakarta melawan kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'mur Tangerang dari Banten. Keduanya akan memperebutkan juara pertama di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/11).

 

Nur Iman FC lolos ke final dengan mulus sejak di seri region dan seri nasional. Nur Iman lolos ke final setelah berhasil menundukkan kesebelasan Pondok Pesantren Fathun Nawi dari region Jawa Barat 3 di lapangan PHB Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11). Sementara kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'mur dari region Banten lolos ke final setelah mengalahkan kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'ruf dari region Jawa Tengah I dengan skor 1-0.

 

Beberapa fakta yang dirangkum NU Online tentang kedua kesebelasan tersebut. Nur Iman FC mengikuti Liga Santri Nusantara sejak pertama kali liga tersebut diadakan, pada 2015 di Sidoarjo, Jawa Timur. Waktu itu, Nur Iman FC menyabet juara ketiga. Sementara Al-Ma'mur baru turut serta di tahun ketiga, yakni 2017. Namun mereka gagal masuk ke seri nasional.

 

Nur Iman FC dan Al-Ma'mur pernah kandas di seri regional. Nur Iman mengalaminya pada 2017 dan 2018. Al-Ma'mur juga gagal di tahun yang sama.

 

Nur Iman adalah pesantren yang memiliki tradisi sepak bola santri yang panjang. Tidak hanya bola kulit, tapi api dan durian. Salah seorang lulusannya, Eko Setiawan yang kini jadi pelatih mereka, pernah memperkuat di kesebelasan profesional, yakni PSS Sleman. Para santrinya memanfaatkan lapangan desa di Mlangi berlatih sepak bola tiap Jumat dan Selasa.

 

Al-Ma'mur juga memiliki tradisi sepak bola karena letaknya dekat dengan GOR sepak bola. Mereka memiliki jadwal di lapangan itu. Salah seorang putra pendirinya adalah mantan pesepak bola profesional di kesebelasan Persita junior.

 

Nur Iman pernah menjadi juara pertama di Liga Santri Nusantara musim 2016 saat berlangsung di daerahnya, Yogyakarta. Mereka menundukkan kesebelasan Walisongo Sragen. Sementara Al-Ma'ruf baru tahun ini masuk ke final di seri nasional

 

Saat pertandingan sore ini, Nur Iman menggunakan kaus oranye, sementara Al-Ma'mur biru. Pada babak pertama berjalan 10 menit, Nur Iman berhasil membobol gawang Al-Ma'mur. Skor 1-0. Jika kedudukan ini bertahan hingga babak kedua usai, maka Nur Iman menggondol kembali piala liga santri ke Yogyakarta.

 

Pewarta: Abdullah Alawi

Editor: Aryudi AR

 

Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG