IMG-LOGO
Daerah

Tanam Jagung, Upaya Banser Kedungadem Perkuat Ekonomi Anggota


Jumat 8 November 2019 18:30 WIB
Bagikan:
Tanam Jagung, Upaya Banser Kedungadem Perkuat Ekonomi Anggota
Banser di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menanam jagung untuk memperkuat ekonomi anggota. (Foto: NU Online/M. Yazid)
Bojonegoro, NU Online 
Para anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur semakin inovatif. Mereka berupaya menguatkan ekonominya dengan cara menanam jagung yang dilakukan secara bersama-sama. Upaya itu tanpa mengenyampingkan tugas utamanya, yakni menjaga ulama, kiai, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
 
Dengan mengenakan kaus Banser, beberapa personil Banser NU yang tergabung dalam Satkoryon PAC GP Ansor Kedungadem terlihat antusias menanam jagung. "Jika nanti ada keuntungan, ada persentase untuk organisasi Banser Ansor Kedungadem," kata Kasatkoryon Banser Kedungadem, Nardi, Kamis (7/11).
 
Sedangkan lahan yang menjadi pusat menanam terlekat di lahan tegalan kawasan Kedungadem, Bojonegoro. Lahan seluas sekitar 1 hektar ini baru dikontrak dari Pak Yasro.
 
Keuntungan yang diperoleh tidak hanya untuk organisasi, melainkan untuk orang-orang yang membutuhkan. "Keuntungannya selain untuk organisasi, juga anak yatim, dhuafa dan yang lainnya. Semoga bisa bermanfaat," terangnya.
 
Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Kedungadem, Moh Fatkhul Choiri mengapresiasi anggota Banser yang telah melakukan gebrakan baru. Hal itu menurutnya merupakan bentuk nyata dalam memajukan organisasi, membangun kemandirian ekonomi anggota, serta menumbuhkan kesadaran berbagi untuk sesama.
 
"Banser dan Ansor untuk meningkatkan soliditas dan melatih usaha yang menguntungkan," tuturnya.
 
Melalui usaha tersebut, setiap mengadakan kegiatan organisasi tidak perlu membebani para senior atau mengambil kas organisasi. Melainkan cukup menyisihkan sebagian keuntungan dari usaha tersebut.
 
"Menjadi modal untuk pelaksanaan kegiatan, tapi yang lebih penting adalah dengan usaha bisa berbagi atau mengadakan baksos dari Banser untuk masyarakat," pungkasnya.
 
Kebersamaan para anggota Banser Kedungadem saat melakukan tanam jagung tampak kian terbangun. Meskipun terkena panas matahari, mereka tetap bersemangat bercocok tanam untuk pemberdayaan anggota organisasi.
 
Kontributor: M. Yazid
Editor: Syamsul Arifin 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG