IMG-LOGO
Nasional
OSKI-PTKI 2019

Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI), Implementasi Nyata Integrasi Keilmuan pada PTKI


Jumat 15 November 2019 12:50 WIB
Bagikan:
Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI), Implementasi Nyata Integrasi Keilmuan pada PTKI
Penyelenggaraan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OSKI-PTKI) di Makassar, 14-16 November 2019 (Foto: Kemenag)
Makassar, NU Online
Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam untuk pertama kalinya menyelenggarakan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OSKI-PTKI). Kegiatan ini diselenggarakan di Makassar, 14-16 November 2019 yang dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa yang berasal dari rumpun ilmu sain dan teknologi dari UIN dan IAIN seluruh Indonesia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim menyatakan paskatransformasi kelembagaan PTKI menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), sejumlah program studi dan keilmuan berbasis rumpun sains dan teknologi telah berkembang dengan pesat. "Oleh karenanya, tuntutan PTKI saat ini adalah di samping mampu melahirkan sarjana yang ahli di bidang keislaman, juga ahli di bidang sains dan teknoligi," kata Arskal Salim, Kamis (14/11).
 
Menurut Arskal, Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) 2019 hadir sebagai wujud nyata atas implementasi khittah PTKI yang berorientasi pada integrasi keilmuan. "Sejumlah cabang sains dan karya inovasi yang diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan PTKI se-Indonesia dikompetisikan secara terbuka, jujur, dan sportif," imbuhnya.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, menyatakan bahwa terdapat tiga bagian penting dalam olimpiade ini, yakni sains mahasiswa, karya inovasi dosen, serta karya inovasi dosen dan mahasiswa. Untuk bidang sains terdiri atas mata-mata lomba di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sementara bidang karya inovasi terdiri atas temuan-temuan kreatif-inovatif berbasis bidang ilmu sain dan teknologi.
 
Menurut Suwendi, secara keseluruhan, jumlah peserta berjumlah 646 peserta. Pertama, sains mahasiswa berjumlah 519, terdiri dari bidang lomba matematika berjumlah 176 peserta, bidang fisika berjumlah 93 peserta, bidang kimia berjumlah 68 peserta, dan bidang biologi berjumlah 182 peserta. Kedua, karya inovasi dosen berjumlah 13 peserta; dan Ketiga, karya inovasi dosen dan mahasiswa berjumlah 114 peserta.
 
"Seleksi OSKI dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kampus PTKI masing-masing yang telah diselenggarakan serentak pada tanggal 30 Oktober 2019 yang lalu, dan tingkat Nasional diselenggarakan di Makasar pada tanggal 14-16 Nopember 2019," papar Suwendi.
 
Selain sejumlah mata-mata lomba, dalam olimpiade itu juga diadakan pameran yang merupakan kreativitas dan temuan para peserta dan sejumlah perguruan tinggi.
 
 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG