IMG-LOGO
Daerah

Jawab Tantangan, UINSA Poll and Research Center Diluncurkan


Rabu 20 November 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Jawab Tantangan, UINSA Poll and Research Center Diluncurkan
Rubaidi (kanan) didamping HM Sahid saat peluncuran UINSA Poll and Reseach Center. (Foto: NU Online/Humas)
Surabaya, NU Online
Perkembangan perilaku masyarakat terkait kebijakan politik dan sejenisnya menarik untuk dipantau. Dari pendalaman yang objektif, maka akan ditemukan hasil yang dapat dijadikan acuan dalam menyikapi fenomena yang ada.
 
Untuk merespons hal tersebut, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meresmikan lembaga baru yang fokus melakukan penelitan dan survei. Lembaga dimaksud langsung berada di bawah naungan rektor kampus setempat dan diberi diberi nama 'UINSA Poll and Research Center'.
 
Direktur UINSA Poll and Reseach Center, Rubaidi mengungkapkan didirikannya lembaga ini untuk  menjawab tantangan riset dan survei politik maupun sosial kemasyarakatan. Juga lembaga ini akan mempertahankan independensi dalam melakukan riset politik.
 
"Lembaga ini terjamin independen dan kredibel dalam riset-riset sosial politik, kebijakan publik, pendidikan politik, isu politik mutaakhir dan pengembangan sistem politik Indonesia,” katanya, Rabu (20/11). Karena lembaga ini langsung berada di bawah naungan universitas, lanjutnya di hadapan insan media.
 
Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINSA, H Sahid HM mengungkapkan bahwa kampus punya tanggung jawab moral sosial politik yang harus merespons isu politik maupun sosial kemasyarakatan yang berkembang akhir-akhir ini.
 
"UINSA punya tanggung jawab moral sosial politik. Lembaga akademik juga harus turun dalam persoalan ini. Peran kita untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat juga harus dilakukan, salah satunya melalui lembaga yang kami beri nama UINSA Poll and Reserch Center,” kata salah seorang guru besar di kampus yang berlamat di jalan Ahmad Yani, 117 Surabaya tersebut.
 
Lebih lanjut, Sahid mengungkapkan UINSA Poll and Research Center sebagai lembaga survei akan menyajikan data-data yang terukur, akurat dan berkualitas dengan metodologi yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan akademis.
 
"Data-data dan temuan yang disajikan harus terukur dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan akademis,"tegasnya.
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa keberadaan UINSA Poll and Research Center tidak hanya melakukan survei dalam isu politik pemilihan umum.
 
“Juga akan berpartisipasi melakukan dalam isu radikalisme dan sosial kemasyarakat,” tandasnya.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG