Seluruh Lapisan Masyarakat menjadi Penentu Kemakmuran Masjid

Seluruh Lapisan Masyarakat menjadi Penentu Kemakmuran Masjid
Peresmian Masjid Baitur Rohmah di Dusun Jeding Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. (Foto: NU Online/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Peresmian Masjid Baitur Rohmah di Dusun Jeding Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. (Foto: NU Online/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Batu, NU Online
Asal ada kemauan, pasti akan menemukan jalan. Hal tersebut juga berlaku bagi penduduk di salah satu desa di kawasan Batu, Jawa Timur. Lewat sejumlah ikhtiar akhirnya bisa memiliki masjid yang demikian dibanggakan. Berikutnya adalah memakmurkan masjid yang ada dengan berbagai kegiatan yang melibatkan warga.
 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu melakukan peresmian Masjid Baitur Rohmah di Dusun Jeding Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Ahad (24/11) lalu. Acara dirangkai dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.
 
Menurut ketua pelaksana pembangunan, masjid yang diimpikan warga diselesaikan dengan model gotong royong. Masyarakat dengan suka rela dan tanpa paksaan membantu proses pembangunan. Sedangkan dana pembangunan diperoleh dari Pos Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU).
 
"Kami bekerja sama dalam pembangunan masjid ini. Tapi untuk  dananya kami memperoleh dari PKPU. Dan untuk tanahnya sendiri wakaf dari Mbok Sateni," ujar ketua pelaksana, Suprapto kepada media ini, Selasa (25/11).
 
Dirinya menjeleaskan bahwa seluruh proses pembangunan memakan waktu yang tidak sebentar, serta pada bulan maulid bisa selsai dan diresmikan.
 
"Kebetulan pembangunan masjid sudah selesai, jadi acaranya bisa dibarengkan dengan perayaan maulid," jelas Suprapto.
 
Nantinya masjid ini diharapkan dapat membuat kehidupan masyatakat Nahdlatul Ulama di Desa Junrejo akan semakin maju. Dengan memadukan antara pemuda dan juga orang tua dalam memakmurkannya.
 
Dalam pandangan Suprapto, keberadaan masjid akan benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan dan sosial. Pada saat yang sama juga dijadikan sebagai sarana konsolidasi dan membincang persoalan umat yang ada di sekitar masjid.
 
Yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana melibatkan anak muda untuk juga berkenan mengisi acara, sehingga akan lebih semarak. Belum lagi sejumlah anak dapat juga dilibatkan.
 
"Kami akan membuat banyak kegiatan di masjid. Seperti mengadakan majlis taklim, aneka rutinan dan juga mengajak anak muda untuk menghidupkan masjid ini nantinya," pungkasnya. 
 
Baginya, keberadaan masjid sangat penting dalam upaya meningkatkan semangat ibadah, serta memperkuat kepedulian terhadap kondisi masyarakat sekitar. 
 
 
Kontributor: Zaiyana Nur Ashfiya, Bellgis Avrianzah
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile