Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Kendal Miliki Tim Reaksi Cepat Kegawatdaruratan

LAZISNU Kendal Miliki Tim Reaksi Cepat Kegawatdaruratan
Pengukuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC) NU Care-LAZISNU Kendal, Ahad (8/12) (Foto: Ujang) 
Pengukuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC) NU Care-LAZISNU Kendal, Ahad (8/12) (Foto: Ujang) 
Kendal, NU Online
Untuk memaksimalkan kemampuan dan peran para relawan di bawah NU Care-LAZISNU Kendal, Jawa Tengah, telah dilakukan pengukuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC), pada Ahad (8/12). Pengukuhan berlangsung di Kantor PCNU Kendal, sebagai tanda dibukanya pelatihan dasar bagi TRC. 

Adapun mater-materi yang diberikan dalam TRC meliputi medical first respons, pemindahan korban, jenis-jenis dan petunjuk teknis ambulan, etika mengendarai ambulans, dan SOP penangan pertolongan pada kecelakaan di jalan raya.
 
Bersamaan dengan pengukuhan anggota, Khusnul Huda selaku Ketua NU Care-LAZISNU Kendal menyampaikan bahwa anggota TCR ini tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal. TRC LAZISNU adalah relawan yang dibentuk oleh NU Care-LAZISNU Kendal yang bertugas dalam hal emergency respons dalam kegawatdaruratan.
 
"Beramal harus diilmukan, termasuk dalam penanganan pertolongan korban," kata Khusnul Huda.  
 
Ujang Yufrianto, selaku Ketua Pelaksana Latihan mengatakan para pemateri berasal dari Polres Kendal, PMI Kendal, dan PSC 119 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal. 

"Antusias peserta untuk ingin mengetahui tehnik pertolongan korban bagi tim dan petunjuk teknik mengoperasikan strobo dan sirine ambulan cukup besar, menandakan para relawan yang tergabung dalam TRC ini semangat berkhidmah di NU cukup besar,” kata Ujang, Jumat (13/12).

Ia memaparkan guna memperdalam teori yang diperoleh dalam latihan seharian tersebut ditutup dengan simulasi di jalan raya, tepatnya di sebelah utara Alun-alun Kendal. Jumlah peserta sebanyak 40 orang dari tim 9 unit ambulans. 
 
"Semoga di dalam semangat yang tinggi terkandung ilmu yang bisa mendukung tindakan  secara benar baik dalam mengendarai ambulan ataupun melakukan pertolongan kepada korban," harapnya.
 
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile