Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelatihan Ma’arif Mart, Solusi Pengelolaan Usaha di Madrasah

Pelatihan Ma’arif Mart, Solusi Pengelolaan Usaha di Madrasah
Pelatihan Ma'arif Mart diikuti utusan dari madrasah dan sekolah yang berada di bawah naungan PW LP Ma'arif NU Jatim. (Foto: NU Online/panitia)
Pelatihan Ma'arif Mart diikuti utusan dari madrasah dan sekolah yang berada di bawah naungan PW LP Ma'arif NU Jatim. (Foto: NU Online/panitia)
Sidoarjo, NU Online
Setiap madrasah maupun sekolah memiliki potensi ekonomi yang dapat dioptimalkan bagi pengembangan institusi. Kendati demikian, kepentingan finansial bukanlah satu-satunya yang dapat diraih, tetapi bisa juga keuntungan lain.
 
Karenanya, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan Ma’arif Mart pada Sabtu hingga Ahad (14-15/12). Acara dilangsungkan di gedung Pusat Pendidikan dan Latihan PW LP Ma’arif NU, jalan Brigjend Katamso No.2, Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.
 
“Potensi ekonomi bisnis sekolah dan madrasah memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai bagian penguatan kapasitas kelembagaan, di antaranya ketersediaan makanan sehat dan kemudahan barang kebutuhan siswa sebagai keperluan pribadi,” kata HM Fauzi, Sabtu (14/12).
 
Wakil Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim ini memngemukakan bahwa selama ini sekolah mengelola dengan hanya menyediakan outlet yang sederhana atau kantin sekolah dengan manajemen yang tidak sinergi dengan pihak sekolah dan madrasah. 
 
“Inilah yang oleh PW LP Ma'arif NU Jatim disatukan menjadi pengelolaan usaha mandiri sekolah-madrasah dengan melatih tenaga-tenaga terampil yang tergabung dalam Ma’arif Mart,” jelasnya.
 
Pelatihan kali ini diikuti 55 peserta dari berbagai madrasah dan sekolah di Jawa Timur dan diselenggarakan bidang usaha PW LP Ma’arif NU Jatim.
 
HM Fauzi juga mengemukakan bahwa pelatihan memiliki tujuan agar madrasah dan sekolah di lingkungan LP Ma’arif NU se-Jatim mampu mengelola usaha secara mandiri.
 
“Karena hal ini akan mewujudkan salah satu komponen penguatan manajemen kelembagaan madrasah dan sekolah,” urainya.
 
Dijelaskan, dalam materi penguatan kompetensi kepala sekolah dan madrasah Permendiknas Nomor 13 tahun 2017 mengatur tentang kompetensi kepala sekolah yakni harus mampu mendesain manajemen kewirausahaan sekolah agar menjadi satu manajemen yang diawasi oleh kepemimpinan sekolah.
 
Selama kegiatan, peserta dilatih tentang bagaimana memajang produk dan pengoperasian mesin kasir. Mereka juga berkesempatan melakukan kunjungan ke Ma’arif Mart SMK NU Plus Sidoarjo. 
 
Model pelatihan ini menggunakan banyak materi praktik dengan menghadirkan para ahli manajemen pemasaran dan pengalaman baik dari pengelola Ma’arif Mart LP Ma’arif NU Jatim.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
Posisi Bawah | Youtube NU Online