Konfercab Ansor Dharmasraya Sumbar, Age Kurniawan Jadi Nakhoda

Konfercab Ansor Dharmasraya Sumbar, Age Kurniawan Jadi Nakhoda
Age Kurniawan usai Konfercab II GP Ansor Dharmasraya, Sumatra Barat. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Age Kurniawan usai Konfercab II GP Ansor Dharmasraya, Sumatra Barat. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Dharmasraya, NU Online    
Dalam rangka regenerasi pengurus, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat  menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) II. Kegiatan dipusatkan di aula Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Dharmasraya pada Ahad (15/12) malam.
 
Konfercab II GP Ansor Dharmasraya pada sistem pemilihan ketua dilaksanakan dengan model musyawarah mufakat ini dan disetujui oleh panitia pengarah, Komedi.
Menurut Komedi, GP Ansor yang lahir pada 1934 adalah organisasi pemuda yang berdiri sejak sebelum negara ini lahir. 
 
“Untuk itu harus mampu menyelenggarakan suksesi kepemimpinan secara damai dan diharapkan menjadi contoh bagi organisasi lainnya,” katanya. 
 
Selain itu disampaikan bahwa menjadi pengurus Ansor harus diniatkan untuk berkhidmah kepada ulama bukan untuk mencari jabatan. 
 
“Alhamdulillah saya sebagai pengartah mensyukuri agenda ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tema transpormasi kepemimpinan menuju organisasi yang solid dan terstruktur," ujarnya.
 
Ketua Ansor Kabupaten Dharmasraya masa khidmah 2015-2019 Khalik, menjelaskan sebagai kader yang akan menjadi pengurus, harus memiliki niat untuk berkhidmah dan mendahulukan prinsip musyawarah mufakat untuk memilih pemimpin dari pada sistem voting sebagaimana yang lazim dilakukan sistem demokrasi prosedural.
 
"Inilah cara kami untuk mengedukasi kompetisi dalam beransor, seyogyanya maqasidussyariyah tetap dalam AD/ART dan para ulama menyarankan carilah jalan terbaik yakni musyawarah," katanya.
 
Konfercab yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting GP Ansor se-Kabupaten Dharmasraya, yang berkompetisi di dalamnya  Age Kurniawan, Jhon Indra, dan Ali untuk pengurus masa khidmah 2019 hingga 2024. 
 
Dengan kata mufakat secara musyawarah, terpilih Age Kurniawan sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Dharmasraya. Dan dirinya menyatakan akan fokus meningkatkan kapasitas anggota melalui kaderisasi secara berjenjang dalam masa kepemimpinannya.
 
“Dalam 60 hari sejak ditetapkan sebagai Ketua PC GP Ansor Dharmasraya, saya akan menyelenggarakan Pendidikan Kader Dasar atau PKD di tiap-tiap PAC dan melakukan pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan skill anggota di bidang ekonomi demi transformasi dan terstrukturnya para kader dengan baik," paparnya.
 
Konfercab yang diselenggarakan sehari tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi bupati diwakili Kabag Kesra, Syafrudin. 
 
Hadir pula Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor, Rahmat Tuanku Sulaiman, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Dharmasraya, KH Nurkholidin serta para peserta dan undangan sebanyak 150 orang. 
 
 
Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile