IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Kaderisasi IPNU-IPPNU Perlu Digalakkan untuk Menjaga Keberlangsungan Organisasi


Selasa 17 Desember 2019 18:30 WIB
Bagikan:
Kaderisasi IPNU-IPPNU Perlu Digalakkan untuk Menjaga Keberlangsungan Organisasi
Masa Kesetiaan Anggota IPNU-IPPNU Kecamatan Talang. (Foto: NU Online/Amiril)
Tegal, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah komitmen menggalakkan kaderisasi. Hal itu penting dilakukan guna menjaga keberadaan dan eksistensi IPNU-IPPNU.
 
Lebih dari sekadar menjaga eksistensi, NU sendiri akan terus menghadapi diberbagai bentuk tantangan seiring dengan perkembangan zaman. Sementara untuk bisa menghadapi itu semua butuh kaderisasi yang kuat di internal NU, tidak terkecuali kaderisasi di tubuh sejumlah badan otonomnya. IPNU-IPPNU sebagai salah satu badan otonom NU yang diisi oleh para pelajar dinilai cukup efektif menguatkan NU di masa yang akan datang.
 
"Dengan tantangan yang semakin besar dalam ber-IPNU-IPPNU harus kita siapkan sedini mungkin, agar IPNU-IPPNU sebagai organisasi badan otonom NU akan tetap eksis," kata Ketua PAC IPNU Talang, Fahrul Muhaemin kepada NU Online, Selasa (17/12) di Slawi.
 
Wujud dari penguatan kaderisasi di kawasan ini, pada Sabtu-Ahad (14-15/12) lalu kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di MDA As-Salafiyah Desa Kebasen, Kecamatan Talang sudah digelar.
 
Makesta yang diadakan oleh IPNU-IPPNU Korwil Barat yakni Ranting Kebasen, Kajen, Pesayangan dan Tegalwangi diikuti sedikitnya 115 peserta dari berbagai ranting. Peserta tersebut sudah melalui proses administrasi dan registrasi sebelumnya. 
 
"Dengan jumlah yang cukup banyak diharapkan Makesta ini tidak hanya seremonial belaka, tetapi mampu melahirkan kader-kader militan dalam memperjuangkan dan mendedikasikan diri berkhidmat untuk NU," ujar salah satu panitia, Ali.
 
Sementara itu Pengurus Ranting NU Kebasen Kecamatan Talang Ustadz Karno Hadinoto mengungkapkan Makesta merupakan upaya memperkenalkan NU kepada sejak seseorang sejak usia dini.
 
"Saya sangat mendukung penuh pengkaderan di tingkat IPNU-IPPNU, karena pengkaderan terbaik ada di IPNU IPPNU," ujarnya.
 
Menurutnya potensi pengkaderan yang sangat besar berada di usia muda dalam hal ini adalah IPNU-IPPNU. "Selain mempersiapkan kader di masa yang akan datang juga sebagai penguatan ikatan dalam sebuah organisasi," pungkasnya. 
 
Kontributor: Amiril, Nurkhasan
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG