Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Madrasah di Pringsewu Bentuk Sako Pramuka Ikhlas Beramal

Madrasah di Pringsewu Bentuk Sako Pramuka Ikhlas Beramal
Pembentukan Sako Pramuka Ikhlas Beramal Kabupaten Pringsewu bersamaan dengan Kursus Mahir Dasar 12. (Foto: NU Online/istimewa)
Pembentukan Sako Pramuka Ikhlas Beramal Kabupaten Pringsewu bersamaan dengan Kursus Mahir Dasar 12. (Foto: NU Online/istimewa)
Pringsewu, NU Online
Untuk memajukan Pramuka di bawah naungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pringsewu, Lampung, beberapa perwakilan madrasah di daerah tersebut bersepakat membentuk wadah atau komunitas. Komunitas ini diberinama Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ikhlas Beramal Kementrian Agama Kabupaten Pringsewu.
 
Ketua tim pembentukan Sako Pramuka Ikhlas Beramal Kabupaten Pringsewu Mustangin mengatakan, langkah ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan potensi Pramuka di madrasah khususnya di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis tersebut.
 
"Madrasah memiliki peran strategis dalam pembinaan karakter dan mental para generasi penerus melalui kepramukaan. Jadi kami ingin benar-benar memaksimalkan peran ini," kata pria yang juga guru MTsN 2 Pringsewu ini kepada NU Online, Jumat (27/12).
 
Lebih lanjut, dalam pembinaan karakter sangat diperlukan penekanan nilai-nilai agama. Ini akan memberi arah jelas setiap langkah kehidupan peserta didik untuk menghadapi masa depan. 
 
"Dengan seni hidup jadi indah, dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan agama hidup jadi terarah," katanya.
 
Sebagai lembaga pendidikan agama di mana porsi materi keagamaan lebih banyak, madrasah melalui kepramukaan juga harus mampu mewarnai ilmu-ilmu kepramukaan dengan nuansa islami. Sako yang dibentuk ini diharapkan mampu mewujudkan nuansa tersebut di samping pengembangan prestasi anggota dalam berbagai ajang.
 
Pembentukan Sako Pramuka ini sendiri dilaksanakan pada Jumat (27/12) di MIN 2 Pringsewu. Terpilih sebagai Ketua Sako Pramuka Ikhlas Beramal Hj Siti Fathonah dengan beberapa personalia pengurus. Langkah selanjutnya dari keputusan tersebut adalah proses pengajuan SK kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu.
 
Berikut susunan pengurus Sako Pramuka Ikhlas Beramal Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu: 
 
Majelis Pembimbing: 
1. H Marwansyah
2. H Ahyarulloh
3. H Almadi 
4. H Syahril Barom
5. H Giyoek Sutanto
6. H Muhammad Faizin
 
Pimpinan Sako:
Ketua: Hj Siti Fathonah
Wakil Ketua I: Khairudin
Wakil Ketua II: Mustangin
Wakil Ketua III: Muhammad Idris
Wakil Ketua IV: Dedi Rinanto
 
Sekretaris: Muridan
Wakil Sekretaris I: Insu Widodo
Wakil Sekretaris II: Suyanti
 
Bendahara: Nur Kholis
 
Anggota:
1. Marji
2. Jamilatun
3. Sunarti
4. Siti Mujayanah
5. Teti Hasanah
6. Misbahul Munir
7. Jumali
8. Ami Nurohmah 
9. Ma’rufatul Unaifah
10. Tosimi
11. Siti Nurhidayah
12. Sunarti
13. Mera Fidiana
14. Siti Maimunah
15. Sundari Marlina
16. Uswatun Hasanah
17. Teti Hasanah
18. Luqman Hakim
19. Agung Apriyoga
20. Ibnu Yusuf 
21. Muhammad Nuraini
22. Siti Khalimah
23. Ifan Nur Affandi
24. Wawan Krisdiyanto
25. Sutiana
26. Diah Kurnia Safitri
27. M. Fajarudin
28. Jumali
 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile