Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Relawan NU Gotong-Royong Bersihkan Sampah Sisa Banjir Jakarta

Relawan NU Gotong-Royong Bersihkan Sampah Sisa Banjir Jakarta
Relawan NU sedang membersihkan sampah dan puing-puing sisa banjir Jakarta. (Foto: Dok. Tim NU Peduli)
Relawan NU sedang membersihkan sampah dan puing-puing sisa banjir Jakarta. (Foto: Dok. Tim NU Peduli)
Jakarta, NU Online
Tim NU Peduli yakni Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU bekerja sama dengan Alfamidi bergotong-royong membersihkan sampah dan puing-puing sisa banjir Jakarta di Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, Ahad (13/1).
 
Melalui Mobil Amanat (Armada Layanan Masyarakat), para relawan NU Peduli membersihkan sampah-sampah dan lumpur sisa banjir Jakarta dua pekan yang lalu.   

Manajer SDM dan Organisasi NU Care-LAZISNU, Nur Hasan mengatakan, setibanya di lokasi terdampak banjir, pihaknya langsung kerja bakti membersihkan sampah-sampah.
 
Tidak hanya itu, masyarakat diberikan bantuan  berupa alat-alat kebersihan dari Alfamidi antara lain alat pel, garuk, karung, serok sampah, dan berbagai cairan pembersih, serta berbagai macam sembako. 

“Kedatangan kami dan tim bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sanitasi yang ada di lingkungan mereka, yakni salah satunya dengan terjun langsung ke masyarakat dengan memberi contoh pentingnya selokan agar tetap bersih,” katanya kepada NU Online, Senin (13/1). 

Ia menjelaskan, warga harus banyak didorong agar mau ikut serrta membersihkan lingkungan agar saluran air tak tersumbat. Kemudian, salahs atu manfaat dari kerja bakti tersebut yakni agar lingkungan masyarakat tetap sehat. 

“Untuk itu, kami tim NU Peduli terus berupaya agar kesadaran masyarakat dalam hal pengelolaan sampah terutama yang ada di selokan ini. Nah, dngan adanya tim kami saat ini untuk mengedukasi, karena jika selokan bersih banjir tidak akan dating karena tidak ada sumbatan sehingga aliran langsung ke hulunya,” ucapnya. 

Di tempat yang sama, warga Teluk Gong, Jakarta Utara, Sumari mengatakan, banjir yang terjadi Rabu (1/1) lalu disebabkan oleh hujan yang turun terus-menerus, dari mulai malam hingga pagi hari. Peristiwa itu telah mengakibatkan tanggul sungai di sekitar Teluk Gong meluap dan meredam beberapa ruas jalan serta rumah-rumah warga. 

“Dan baru kali ini terjadi air limpasan seperti air bah, jadi warga banyak yang tidak menduga. Beberapa warga ada yang sempat dapat menyelamatkan motornya dengan membawanya ke jembatan yang posisinya agak lebih tinggi, tapi lebih banyak yang tidak bisa  menyelamatkan harta bendanya, akhirnya banyak kendaraan yang terendam,” ujarnya mengingat peristiwa banjir beberapa waktu lalu. 

“Saya ucapkan terimakasih kepada  NU Peduli, NU Care-LAZISNU dan Alfamidi, mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan manfaat  bagi kami semua, terimakasih atas bantuan yang didistribusikan,” pungkasnya. 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
BNI Mobile