IMG-LOGO
Nasional

Melalui LAZISNU, TV9 Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir


Senin 20 Januari 2020 18:30 WIB
Bagikan:
Melalui LAZISNU, TV9 Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir
TV9 menyerahkan bantuan untuk korban banjir melalui PP LAZISNU di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (20/1) sore. (Foto: NU Online/Rahman Ahdori)
Jakarta, NU Online
Televisi Nahdlatul Ulama atau TV9 menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta kepada masyarakat terdampak banjir Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta Lebak. Bantuan disalurkan melalui Tim NU Peduli, yakni Pengurus Pusat Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (PP LAZISNU) di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (20/1) sore. 

Nantinya, bantuan tersebut akan didistribusikan langsung oleh NU Peduli ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan seperti di Lebak, Banten. Donasi oleh TV9 akan terus dibuka sampai keadaan masyarakat terdampak banjir berjalan normal. 

“Kami di TV9 memiliki divisi namanya Yayasan TV9 Peduli, itu bergerak di 4 bidang yakni kebencanaan, kesehatan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. Setiap hari ada pembukaan donasi. Jadi kami menghimpun sumbangan pemirsa untuk kepentingan masyarakat. Secara kebetulan beberapa waktu yang lalu terjadi banjir di Jakarta dan Banten,” kata Ketua Yayasan TV9 Peduli, Misbahul Munir kepada NU Online seusai menyerahkan bantuan. 

Ia menjelaskan, cara menghimpun yang dilakukan TV9 dengan cara menampilkan nomor rekening TV9 pada program yang sedang disiarkan. Meski tidak dengan jumlah yang tinggi, lanjut dia, penghimpunan donasi untuk bantuan sosial kebencanaan oleh TV9 masih bertahan dan berjalan dengan baik. 

“Ini bantuan yang pertama, dan melihat kondisi korban terdampak bencana yang belum optimal seperti tadi ada 20 pesantren yang terdampak banjir bandang saya berfikir tidak mungkin kita tutup. Mereka memerlukan perhatian kita,” tuturnya. 

Misbah mengatakan, kepada pemirsa TV9 terutama masyarakat Jawa Timur yang telah menyumbangkan donasinya di TV9 agar tidak khawatir. Sebab bantuan tersebut dipastikan disalurkan kepada warga terdampak banjir di Jabodetabek-Lebak. Artinya, penyaluran dilakukan sesuai dengan keinginan para dermawan yang menyumbangkan rezekinya di TV9. 

Seperti diketahui, pada Rabu (1/1) lalu banjir melanda Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, rumah-rumah  warga terendam sehingga barang berharga milik masyarakat tersebut hanyut terbawa arus. Bukan hanya itu, banjir bandang di Lebak, Banten mengakibatkan rumah-rumah warga di 12 desa rata dengan tanah termasuk majelis taklim dan pesantren. 

Sampai detik ini, NU Peduli masih merehabilitasi tempat-tempat yang menjadi korban banjir dengan terus membantu masyarakat di tempat-tempat pengungsian. Total korban jiwa akibat banjir dan longsor yang melanda Jakarta, Banten, dan Jawa Barat sendiri berjumlah 60 orang, dua orang masih dinyatakan hilang. 

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Muchlishon
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG