NU Bondowoso Bersinergi Bantu Korban Banjir Bandang di Kawasan Ijen

NU Bondowoso Bersinergi Bantu Korban Banjir Bandang di Kawasan Ijen
PC LPBINU Bondowoso bersama Banser dan relawan lain mengirimkan makanan untuk korban banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
PC LPBINU Bondowoso bersama Banser dan relawan lain mengirimkan makanan untuk korban banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Ramai di media sosial terkait video banjir bandang di Desa Sempol kawasan Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Benar saja, kini warga sekitar sangat membutuhkan bantuan terutama makanan dan sembilan bahan pokok atau sembako.
 
Menjawab kebutuhan tersebut, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Bondowoso bersama komponen NU setempat menyampaikan makanan dan sembako. Bantuan disampaikan kepada masyarakat yang tertimpa benca banjir bandang di Desa Sempol Kecamatan ijen, Kamis (30/1).
 
Sekretaris PC LPBI NU Bondowoso, M Sugiyanto Z menjelaskan bahwa sejumlah kalangan saling bersinergi untuk memberikan bantuan dan pertolongan bagi warga sekitar. Yang dilibatkan adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Palang Merah Indonesia atau PMI, LPBINU, Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) dan sejumlah pihak lainnya. 

“Hari ini kami bersama jajaran pengurus NU, PMI, LPBINU, dan Lesbumi memberikan bantuan berupa sembako untuk saudara kita yang tertimpa musibah kemarin di Desa Sempol, Kecamatan Ijen,” katanya.
 
Disampaikannya bahwa untuk sementara yang diberikan adalah makanan karena warga tidak bisa menyediakan sendiri makanan untuk disantap. 
 
"Kali ini yang kami berikan berupa makanan, minuman, roti, mi instan dan beras. Dan kami juga mendirikan Posko NU Peduli Ijen di daerah masjid Ijen," katanya.
 
Selain itu, PC LPBINU Bondowoso juga akan melakuan asesmen atau pendampingan dalam rangka mengkaji cepat terkait kebutuhan korban bencana pascabencana.
 
"Kami tim dari NU Bondowoso akan melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar bagi korban pascabencana, serta melakukan pendampingan berkelanjutan," ungkapnya.
 
Dalam pendirian Posko NU Peduli Ijen tersebut juga diberikan bantuan kepada korban bencana yang dipimpin langsung oleh Rais PCNU Bondowoso, KH Asy'ari Phasa. Tampak mendampingi pengurus lain di antaranya, LPBINU, Lesbumi, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan relawan lain.
 
“Kami berharap bencana banjir bandang tidak terjadi lagi, dan masyarakat diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi kejadian ini," kata KH Asy’ari Phasa.
 
Berdasarkan pantauan NU Online di lapangan, ada sekitar 200 kepala keluarga terkena banjir bandang di Desa Sempol. Kendati demikian tidak ada korban meninggal dari peristiwa yang cukup banyak diperbincangkan warganet tersebut. 
 
Pada saat yang sama, kepedulian juga dilakukan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dengan menggelar Peduli Banjir Bandang di Bondowoso. Banjir bandang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di kawasan setempat.
 
Lewat NU Care Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim mengajak untuk berbagi rezeki membantu saudara yang terkena musibah. Nomor rekening yang disarankan adalah Bank Syariah Mandiri 7199899998 (kode bank 451) dan Bank Muamalat 7110711099 (kode bank 147) atas nama PW LAZISNU Jatim. Bila sudah transfer bisa konfirmasi ke 0896 3009 2626
 
 
 
Kontributor: Ade Nurwahyudi
Editor: Ibnu Nawawi

 
BNI Mobile