IMG-LOGO
Daerah

Upaya Fatayat NU Tangerang Selatan Ciptakan Generasi Sehat

Sabtu 1 Februari 2020 21:30 WIB
Upaya Fatayat NU Tangerang Selatan Ciptakan Generasi Sehat
Sharing sehat diselenggarakan Fatayat NU Kota Tangerang Selatan. (Foto:NU Online/Siti Nurjanah)
Tangerang Selatan, NU Online 
Dalam rangka harlah ke-94 Nahdlatul Ulama (NU), Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Tangerang Selatan, Banten mengadakan acara nagji sehat dengan tema “Sharing Sehat bersama Fatayat” di Scala Yoga Studio Villa Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jum’at (31/1). Yang mendasari kegiatan ini adalah kesadaran diri akan tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
 
Ketua PC Fatayat Nahdlatul Ulama kota Tangerang Selatan, Nurul Mudrika menyampaikan bahwa seorang ibu yang menerapkan pola hidup sehat di dalam keluarga merupakan fondasi dari pembentukan karakter hidup sehat, karena dari keluargalah pembentukan karakter hidup sehat sebetulnya dimulai.
 
Baik atau buruknya cara hidup sehat seseorang, jelas dia, sangat ditentukan oleh pola pengasuhan yang dikembangkan dalam keluarga. "Ibu menjadi uswatun hasanah yang baik bagi anak-anaknya, dalam mewujudkan anak menjadi pribadi yang utuh yang membawa kebaikan untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, negara, dan alam semesta (maslahah)," ujarnya.
 
Kesehatan menurutnya memang harus memperoleh perhatian para pengurus Fatayat. Perempuan-perempuan sebagai salah satu elemen penting bangsa harus selalu sehat. Yang cukup rentan adalah perempuan yang sedang hamil serta pengasuhan bayi dan anak. Pada kondisi ini perempuan sangat dituntut untuk selalu sehat.
 
Ia menjelaskan, selama ini ada pola hidup yang dirumuskan Fatayat NU Tangerang Selatan. Pola ini juga bisa dilakukan oleh orang lain. Pola yang pertama yaitu tidak mudah marah. Kedua, pasrahkan semua urusan pada Sang Khaliq karena sejatinya manusia hanyalah berusaha, Allahlah yang menentukan segalanya. Ketiga, mulailah kembali kepada alam (natural). Keempat, mulai belajar egois untuk diri sendiri yaitu care terhadap tubuh, care terhadap kesehatan, dan care untuk merawat diri sendiri. 
 
"Penyakit itu mudah hadir karena beberapa faktor, salah satunya pikiran dan penyakit hati," ujarnya.
 
Perempuan yang kerap disapa Rika ini menilai, kegiatan ini sangat tepat ditujukan untuk kader Fatayat NU. Ke depan diharapkan kegiatan ini berkelanjutan dan bisa bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat. “Kami berharap Fatayat NU dapat ikut berkontribusi untuk pola hidup sehat dimulai dari skala terkecil, yaitu keluarga,” harap Rika.
 
Sementara itu, ebagai narasumber kegiatan Suhu Yuni Scala menyampaikan, banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan pola hidup sehatnya. Salah satu yang cukup efektif adalah dengan yoga. Yoga sendiri adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik.
 
Di antara manfaat yoga adalah mengurangi stres, meningkatkan kebugaran, membantu mengatasi masalah kesehatan, mengurangi masalah asma, dan membakar lemak dalam tubuh. “Tidak ada sehat yang instan, semua butuh proses,” ungkapnya.
 
Kontributor: Siti Nurjanah
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG