Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Dimulai Tahun Ini, UAMNU Jombang Berbasis Komputer secara Menyeluruh

Dimulai Tahun Ini, UAMNU Jombang Berbasis Komputer secara Menyeluruh
Pengukuhan penyelenggara UAMNU Jombang, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Istimewa)
Pengukuhan penyelenggara UAMNU Jombang, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Istimewa)
Jombang, NU Online
Kurang lebih dari 300 pelaksana Ujian Akhir Ma’arif Nahdlatul Ulama (UAMNU) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah dikukuhkan. Mereka terdiri dari kepala madrasah dan sekolah dari semua tingkatan yang berada di bawah binaan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jombang. Pengukuhan dilakukan beberapa waktu terakhir.
 
Sejak diselenggarakannya UAMNU, tahun ini ada kemajuan. Penyelenggara dan tim teknis memutuskan untuk melaksanakan dengan berbasis komputer (BK) di semua tingkatan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA. Di tahun sebelumnya ujian berbasis komputer ini juga sebenarnya sudah dilakukan, namun masih belum merata. Dan tahun ini adalah kali pertama UAMNU dilaksanakan menggunakan komputer secara menyeluruh.
 
"Untuk tahun ini semuanya memakai model berbasis komputer. Dimulai dari tahun ini. Tahun kemarin masih beberapa saja," kata Wakil Sekretaris PC LP Ma'arif NU Jombang, Adi Purnomo kepada NU Online, Sabtu (8/2).
 
Semua persiapan UAMNU diakuinya telah dilakukan oleh penyelenggara dan tim teknis sejak Januari 2020 lalu. Termasuk proses pengukuhan sebagai pintu awal meneguhkan komitmen penyelenggara UAMNU untuk melaksanakannya dengan sebaik mungkin. 
 
Beberapa pengurus LP Ma'arif NU Jombang belakangan juga sudah mulai memonitor ke beberapa sekolah dan madrasah. Mereka berupaya memastikan kesiapan instansi sekolah atau madrasah dalam penyelenggaraan UAMNU mulai dilakukan. Yang cukup penting bagi Ma'arif NU untuk dipastikan kesiapannya adalah ketersediaan komputer di sekolah dan madrasah bagi semua siswa-siswi. Pasalnya komputer itu merupakan alat penunjang utama.
 
PC LP Ma'arif NU Jombang membawahi ratusan sekolah dan madrasah. Setiap tahun lembaga-lembaga pendidikan ini menyelenggarakan UAMNU sebagai salah satu wujud dari upaya mengukur kemampuan siswa-siswi dalam penguasaan materi ajar. Terlebih materi Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) an-Nahdliyah. 
 
Pria yang akrab disapa Adi ini menuturkan, pelaksanaan UAMNU untuk masing-masing lembaga tidak bersamaan. Tingkat SD/MI dilaksanakan 16 hingga 23 Maret 2020, UAMNU MTs yakni 2 sampai 10 Maret 2020, tingkat SMK dimulai dari 3 hingga 11 Februari 2020, dan UAMNU MA/SMA pada 17 sampai 27 Februari 2020.
 
"Dan Ma’arif NU Jombang adalah satu-satunya yang menyelenggarakan pengukuhan pelaksana UAMNU di Jawa Timur sebagai komitmen dan keseriusan Ma'arif," jelas Adi.
 
Adapun materi-materi ajar yang diujikan meliputi Al-Qur'an hadits, akidah akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam, Aswaja dan Ke-NU-an, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, matematika, pendidikan kewarganegaraan, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, Bahasa Jawa, dan Bahasa Inggris.
 
"Kita harapkan UAMNU tahun ini berjalan dengan lancar sesuai harapan," pungkasnya. 
 
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile