Bangun Gedung Baru, RSINU Demak Gelar Ziarah ke Pendiri NU

Bangun Gedung Baru, RSINU Demak Gelar Ziarah ke Pendiri NU
Rombonngan PCNU Demak Jateng lakukan ziarah ke Jombang Jatim (Foto: NU Online/Shiddiq Sugiarto)
Rombonngan PCNU Demak Jateng lakukan ziarah ke Jombang Jatim (Foto: NU Online/Shiddiq Sugiarto)
Demak, NU Online 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Yayasan Hasyim Asy'ari Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang mengelola Rumah Sakit Islam (RSI) NU menggelar acara ziarah ke pendiri NU di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Ahad (9/2).
 
“Ziarah ke muassis NU di Jombang ini untuk tabarrukan para Ulama dan tawassul atas hajat kita membangun Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) tiga lantai yang diupayakan pada tahun ini,” kata Ketua PCNU Kiai Aminuddin.
 
Ketua PCNU yang juga Ketua Yayasan Hasyim Asy'ari menjelaskan, ziarah yang dilakukannya merupakan hajatan PCNU dan Yayasan Hasyim Asy'ari yang menaungi RSINU dalam upaya mencari berkah pada para pendiri NU.
 
"Saat ini kondisi bangunan gedung RSI sudah tidak lagi memadai menampung pasien yang melakukan rawat inap dan solusinya membangun gedung baru tiga lantai yang diupayakan pertengahan tahun ini sudah dimulai, ujarnya kepada NU Online.
 
Dikatakan, pembangunan gedung tiga (3) lantai untuk pasien rawat inap lengkap dengan peralatan medisnya. Selain itu, moderinasi peralatan medis mendesak diadakan agar bisa melayani dengan maksimal kebutuhan pasien.
 
Lebih lanjut Kiai Aminuddin menjelaskan, Muassis NU yang diziarahi selain KH Hasyim Asy’ari juga muharrik (penggerak) NU di antaranya KH Abdul Wahab Hasbullah, KH Bisri Sansuri, KH Abdul Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
"Selain ziarah ke muassis NU juga dalam rangka takziyah atas wafatnya KH Salahudin Wahid yang sudah wafat 7 hari yang lalu di mana NU Demak baru sempat melaksanakan hari ini,” jelasnya.
 
Rombongan yang dipimpin Ketua PCNU Demak KH Muhammad Aminuddin tersebut diikuti oleh Rais Syuriyah PCNU Demak KH Zainal Arifin Ma'shum beserta jajarannya, Musytasar, Pengurus Tanfidziyah, Lembaga, Banom, dan pengurus MWC NU se-Kabupaten Demak dengan menggunakan 3 armada bus.
 
Direktur RSINU Demak H Abdul Aziz mengatakan, gedung RSI berlantai tiga itu akan memiliki berbagai fasilitas untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.
 
“Realisasi pembangunan fasilitas ini merupakan respon balik manajemen RSINU Demak atas munculnya tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang harus segera ditindaklanjuti,” ujarnya.  
 
Dijelaskan, gedung tiga lantai yang dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi itu digunakan untuk sarana perkantoran, instalasi rawat jalan (poliklinik berbagai penyakit), instalasi rawat inap, dan instalasi sarana pendukung layanan perawatan kesehatan lainnya.
 
"Selain membangun gedung baru, manajemen juga menyiapkan dana senilai Rp26,5 miliar untuk mendukung berbagai peralatan kesehatan yang lebih modern guna melengkapi peralatan lama yang dirasa kurang maksimal," ungkapnya.
 
Kontributor: A Shiddiq Sugiarto
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile