Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rekrut Mahasiswa Asing, Unwahas Maksimalkan Kerja Sama dengan PCINU

Rekrut Mahasiswa Asing, Unwahas Maksimalkan Kerja Sama dengan PCINU
Wakil Rektor I Unwahas Semarang, Prof KH Mudzakir Ali (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Wakil Rektor I Unwahas Semarang, Prof KH Mudzakir Ali (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Semarang, NU Online
Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) akan memaksimalkan posisi dan peran institusi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama ( PCINU) di luar negeri untuk merekrut mahasiswa baru dari mancanegara melalui berbagai jalur.
 
Wakil Rektor I Unwahas Semarang, Prof KH Mudzakir Ali mengatakan, selama ini Unwahas terbantu PCINU di berbagai penjuru dunia dalam mengenalkan dan mempopulerkan keberadaan perguruan tinggi NU di Semarang yang kini memiliki 20 program studi ini.
 
"Beberapa mahasiswa asing yang masuk ke sini ketika dikonfirmasi menyebutkan, mereka mengetahui keberadaan Unwahas dari informasi dipublikasikan aktifis NU di luar negeri dan internet," kata Prof Mudzakir kepada NU Online di  Semarang, Senin (10/2).

Disampaikan, jumlah seluruh mahasiswa yang kuliah di Unwahas ada saat ini mencapai 10.500 orang. Dari sejumlah itu puluhan orang di antaranya dari berbagai negara yang mengikuti perkuliahan di berbagai program studi.
 
Mereka itu lanjutnya, beradal dari Afganistan, Thailand, Timor Leste, Irak, dan Azarbaijan yang saat ini beberapa di antaranya sudah selesai menempuh studi jenjang strata satu (S1) dan sebagian sudah bekerja di kantor kedutaan negara asalnya sebagian lagi kembali ke negara asalnya.
 
Dia menambahkan, pembiayaan kuliah mahasiswa asal mancanegara itu ada tiga model yakni biaya mandiri dan beasiswa dari Yayasan Wahid Hasyim Semarang dan beasiswa dari pihak ketiga.
 
"Dalam tahun akademi 2020/2021 diharapkan jumlah mahasiswa asing yang masuk dapat meningkat dari sebelumnya, ditargetkan menembus angka 100 lebih," katanya. 
 
Lebih lanjut dijelaskan, saat ini panitia penerimaan mahasiswa baru Unwahas sedang bekerja keras untuk menjalin komunikasi dengan PCINU dari berbagai negara, melalui berbagai jalur.
 
"Salah satu langkah yang ditempuh adalah menyiapkan konsep kerja sama  publikasi terarah dengan PCINU yang ada di luar negeri. Masa pendaftaran dibagi dalam tiga gelombang yang dimulai dari Januari-Mei untuk gelombang pertama, disusul Mei-Juni gelombang II, dan Juni-September gelombang III," ujarnya.
 
Mudzakir menyampaikan, dalam tahun akademi 2020/2021 ini Yayasan Wahid Hasyim Semarang menyiapkan 10 paket beasiswa untuk mahasiswa dari luar negeri, sedangkan untuk mahasiswa dari dalam negeri juga disiapkan berbagai program beasiswa dari berbagai pihak.
 
"Karena keterbatasan lahan, kampus Unwahas tidak menyatu dalam satu lokasi, tetapi menyebar ke tiga lokasi, yakni kampus I di kawasan Sampangan, kampus II di kawasan Kalipancur, dan kampus III di kawasan Gunungpati Semarang," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile