IMG-LOGO
Nasional

Bantuan 1 Miliar dari NU Tersalurkan di Tiga Provinsi Terdampak Banjir


Rabu 12 Februari 2020 18:00 WIB
Bagikan:
Bantuan 1 Miliar dari NU Tersalurkan di Tiga Provinsi Terdampak Banjir
Relawan NU Peduli saat menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Lebak, Banten 1 bulan yang lalu (Foto: Tim NU Peduli)
Jakarta, NU Online
Bencana banjir yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia pada 1 Januari 2020 lalu, terus menjadi perhatian Tim NU Peduli Banjir. Bantuan lebih dari Rp 1 miliar telah tersalurkan Tim NU Peduli di daerah terdampak banjir terparah yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Provinsi Banten.

Bantuan 1 miliar tersebut dibagi di tiga daerah yakni di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Kabupaten Lebak Banten, dan DKI Jakarta.

Koordinator Tim NU Peduli Banjir Jakarta, Muhammad Wahib, menuturkan bantuan NU Peduli untuk wilayah Jakarta telah tersalurkan senilai Rp 466.110.000, yang meliputi bantuan sembako, dapur umum, pelayanan kesehatan, pakaian layak, alat-alat kebersihan.

“Aksi Tim NU Peduli Banjir di Jakarta dimulai sejak evakuasi, pembangunan dapur umum, pengerahan relawan untuk kerja bakti membersihkan puing-puing sisa banjir. Alhamdulillah, jika ditotal NU Peduli Banjir Jakarta telah menyalurkan bantuan sekitar 466 juta Rupiah,” papar Wahib, Kamis (13/02) petang.

Sementara itu, di Lebak, Tim NU Peduli yang dikoordinir Aef Saefuddin menyebut bahwa bantuan disalurkan dalam bentuk paket sembako dan juga bantuan berupa bahan material untuk pembangunan pesantren terdampak banjir bandang.

“Alhamdulillah, lewat NU Peduli kita berbagi. Ada banyak donatur. Bantuan pun datang dari Lampung dan daerah lainnya. Kita salurkan dalam bentuk paket sembako, selimut, tikar, alat-alat kebersihan pasca-banjir, semen untuk pesantren, dan lain-lain,” ucap Aef.

Aef menjelaskan, banyak donatur dari luar daerah Banten yang juga turun langsung ke Lebak.

“Sehingga jumlah bantuan pun terus bertambah. NU Peduli melalui PCNU Lebak terus mendistribusikan bantuan yang jika ditotal bantuan lebih dari 1 miliar,” imbuh Ketua PCNU Lebak tersebut.

Senada, Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat, menyampaikan hal serupa bahwa jika diakumulasi, bantuan NU Peduli Banjir bisa mencapai lebih dari Rp1 miliar.

“Jika diakumulasi bantuan di Jakarta, Lebak dan Bogor, lebih dari 1 miliar. Misal di Lebak, paket sembako sejumlah 14.450 paket untuk enam kecamatan, dan dua Kecamatan di Bogor. Ditambah bantuan untuk pesantren dan majelis taklim serta rumah warga terdampak banjir,” ungkap Sudrajat.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG