Sukseskan Gerakan Goceng, PMII Jombang Gelar Kirab

Sekretaris Mabincab PMII Jombang, Maghfuri Ridwan (kanan) memasukkan uang ke kotak gerakan goceng. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Mabincab PMII Jombang, Maghfuri Ridwan (kanan) memasukkan uang ke kotak gerakan goceng. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Mabincab PMII Jombang, Maghfuri Ridwan (kanan) memasukkan uang ke kotak gerakan goceng. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jombang, Jawa Timur berkomitmen untuk menyukseskan gerakan goceng untuk Kongres ke-20 PMII di Kalimantan Timur (Kaltim). Komitmen itu diwujudkan dengan melakukan kirab kotak gerakan goceng ke semua pengurus komisariat dan pengurus rayon.
 
Kirab ini dilakukan setelah PC PMII di Kota Santri ini menyosialisasikan gerakan goceng kepada sejumlah pengurus komisariat, Sabtu (15/2) malam di Balai Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Jombang.
 
Wakil Ketua II PC PMII Jombang, Najihul Huda mengatakan, dirinya sudah menyusun jadwal kirab untuk memudahkan penanggung jawab dalam melaksanakan kirab. Kegiatan ini digelar secara bergilir. Ia memastikan kirab akan menyasar ke semua pengurus, baik di tingkat komisariat maupun rayon.
 
"Teknisnya kami akan mengantar kotak goceng untuk kongres ini ke komisariat se-Jombang dimulai hari Ahad (kemarin). Setiap komisariat akan kami beri waktu tiga hari untuk mengumpulkan donasi goceng dari setiap pengurus komisariat, pengurus rayon serta anggotanya," katanya kepada NU Online, Senin (17/2).
 
Dirinya menyebut, semua proses kirab akan diselenggarakan secara terbuka hingga pada penghitungan dana yang terkumpul secara keseluruhan. Hal ini penting dilakukan agar tak ada kesalahpahaman para kader sepanjang penggalangan dana.
 
"Setelah nanti terkumpul semua, kita akan membuka secara bersama-sama dilanjut menghitung serta langsung mengirimkan pada PB PMII," ujarnya. 
 
Pria yang akrab disapa Huda ini mengimbau agar semua kader PMII Jombang Ikut terlibat menyukseskan kirab tersebut. Di samping merupakan instruksi langsung dari Pengurus Besar (PB) PMII, gerakan goceng itu juga adalah wujud keseriusan PMII dalam membangun kemandirian berjamiyah. Organisasi kemahasiswaan seperti PMII, lanjutnya, akan semakin kuat apabila kemandirian tersebut dapat diwujudkan dengan baik.
 
"PC PMII Jombang sangat perlu untuk menyukseskan agenda tersebut demi kesuksesan Kongres ke-20 PMII di Kaltim dengan bergerak turun ke komisariat se-Jombang," terangnya. 
 
Ke depan, imbuh dia, gerakan-gerakan inovasi sebagaimana gerakan goceng itu perlu terus dimunculkan. Tentu dengan kemampuan kader PMII dalam merespons dinamika yang berkembang. "Perlu ada langkah inovatif seperti ini agar tertanam pada diri kader jiwa kemandirian. Ketika jiwa kemandirian sudah tumbuh, rasa memiliki terhadap PMII akan bertambah," imbuhnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Mabincab, Maghfuri Ridwan mengapresiasi atas respons cepat dari PC PMII Jombang dalam menyukseskan gerakan goceng ini. 
 
"Gerakan goceng ini menarik. Kami sangat mengapresiasi ikhtiar dari Pengurus Cabang PMII Jombang untuk mulai memupuk jiwa kemandirian. Di Jombang sudah cukup banyak kader dan alumninya. Harapan kami PMII bisa melesat dengan melestarikan budaya-budaya diskusi, serta menumbuhkan ide yang penuh inovasi untuk mengimbangi tantangan zaman," ungkapnya.
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin
BNI Mobile