IMG-LOGO
Daerah

IPNU-IPPNU Indramayu Gandeng Kodim untuk Tingkatkan Nasionalisme

Sabtu 22 Februari 2020 13:00 WIB
IPNU-IPPNU Indramayu Gandeng Kodim untuk Tingkatkan Nasionalisme
IPNU-IPPNU Indramayu, Jabar audiensi dengan Dandim 0616/Indramayu (Foto: NU Online/Syarif)
Indramayu, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Indramayu melakukan silaturahim dengan Kodim 0616/Indramayu, Jumat (21/2).
 
"Silaturahim ini dalam rangka untuk mengadakan acara bersama yang bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme bagi para kader IPNU-IPPNU di Indramayu," ujar Ketua PC IPPNU Indramayu Mariya Ulfah.
 
Selain menjalin silaturahim lanjutnya, kegiatan ini juga dijadikan sebagai wadah untuk bekerjasama dalam melahirkan Tentara Pelajar. 
 
"Kami sedang merancang menggelar kegiatan bersama dengan Kodim, selain pendidikan baris berbaris dan tata upacara, juga latihan fisik untuk ketahanan anggota," ungkapnya.
 
Ketua PC IPNU Indramayu Rizqy Fajarreza mengatakan, di IPNU sendiri memilik tentara pelajar yakni Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan IPPNU ada Korp Pelajar Putri (KPP).
 
"Saya berharap, ketika dilatih sama Tentara Nasional Indonesia (TNI) bisa menambah rasa nasionalisme terhadap NKRI," ucapnya. 
 
Dikatakan, tugas utama bagi CBP dan KPP yaitu garda depan membantu Nahdlatul Ulama (NU) dalam membentengi pelajar dari gerakan ideologi anti-Pancasila, radikalisme, dan intoleransi yang saat ini sudah sangat masif di kalangan pelajar.
 
"CBP dan KPP Indramayu memiliki program kerja utama di bidang keorganisasian, kemanusiaan, lingkungan hidup, dan bela negara. CBP dan KPP bisa dikatakan juga sebagai pasukan inti dari IPNU-IPPNU," tegas Rizky.
 
"CBP dan KPP siap untuk menjadi garda muda yang membela dan mempertahankan keutuhan NKRI," imbuhnya.
 
Ke depan, CBP dan KPP Indramayu bekerjasama dengan Kodim 0616 akan membuat acara bersama seperti beberapa kegiatan pelatihan bela negara. Kelanjutan kerja sama ini akan dibantu dan dibina oleh Koramil-Koramil yang ada di Kabupaten Indramayu.
 
"Selain kerjasama dengan TNI, CBP dan KPP juga akan bekerjasama dengan LPBINU untuk menyelesaikan masalah bencana alam," ujar Rizqy.
 
Komandan Kodim Indramayu Letkol CZI Aji Sujewo menegaskan, Kodim 0616/Indramayu siap membantu IPNU-IPPNU dalam proses perkaderan. Ia berharap ke depan kerjasama ini bisa berlanjut dengan baik.
 
"Kami siap membantu pendidikan Tentara Pelajar bersama IPNU-IPPNU. Semoga dengan sinergitas antara kita bisa membawa kemaslahatan bersama," tandasnya.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG