IMG-LOGO
Daerah

Dakwah Bisa Dilakukan Melalui Tulisan

Senin 24 Februari 2020 05:30 WIB
Dakwah Bisa Dilakukan Melalui Tulisan
Kegitan Road Show Jurnalistik LTNNU Kabupaten Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah KH Nawawi mengatakan, ada banyak cara dan metode dakwah. Di antaranya dakwah bisa dilakukan melalui lisan dan tulisan. 
 
"Saat ini dakwah dengan tulisan sedang marak, terutama melalui media sosial," ujarnya.
 
Hal itu dikatakan KH Nawawi saat kegiatan 'Road Show Jurnalistik Santri Menulis' yang digelar Pengurus Cabang Lembaga Ta'lif Wan Nashr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Tegal bekerjasama dengan MWC NU Margasari, Sabtu (22/2) di Gedung SMK NU Margasari.
 
KH Nawawi berharap kader NU selain mampu menulis berita juga mampu menulis materi materi yang berbau dakwah ala Nahdliyah sebagai jam'iyah ahlussunah wal jamaah.
 
"Saat ini NU sangat butuh kiprah anak-anak muda NU dalam penulisan naskah khutbah atau naskah dawah yang disesuaikan dengan zamannya. Jika saat ini zaman milenial, maka tulislah materi dakwah yang sesai dengan karakter anak muda," paparnya.
 
Disampaikan, kegiatan road show jurnalistik diharapkan menghasilkan bibit-bibit peduli di kalangan generasi muda NU, khususnya untuk NU ke depan. Karena menurutnya, untuk bisa menjadi penulis yang andal butuh proses dan TNNU telah memulainya.
 
"Saya menyambut baik kegiatan road show jurnalistik santri menulis yang diadakan Lembaga Ta'lif wan Nashr (LTN) PCNU Kabupaten Tegal, semoga bermanfaat," ungkapnya.
 
Ketua LTNNU Kabupaten Tegal M Fatkhurohman mengharapkan para peserta mampu memahami kaidah jurnalistik. Selain itu, peserta juga dapat melawan hoaks agar warga NU tidak mudah menerima berita bohong.
 
"Pelatihan diikuti 60 orang terdiri dari 30 peserta diambil dari pengurus MWC NU, badan Otonom, dan lembaga NU Margasari. 30 peserta diambil dari santri dan pelajar di bawah naungan lembaga Ma'arif," terangnya.
 
Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan materi tentang pengenalan tulisan dan struktur tulisan oleh Ketua LTN PCNU Kabupaten Tegal yang juga Pemred Radar Tegal M Fatkhurohman, penulisan opini oleh Ketua PWI Kabupaten Tegal Dwi Ariadi, dan materi tentang featur yang disampaikan oleh Safei Pahlevi yang merupakan kontributor Majalah Aula.
 
Setelah penyampaian materi, peserta pelatihan dibimbing untuk praktik menulis sebuah berita. 
 
Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG