IMG-LOGO
Nasional

Dua Pekan Banjir Kepung Pasuruan, PWNU Jatim Kirim Bantuan 

Senin 2 Maret 2020 19:15 WIB
Dua Pekan Banjir Kepung Pasuruan, PWNU Jatim Kirim Bantuan 
Tim NU care-LAZISNU bersama PW LPBINU Jatim menyerahkan bantuan ke PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Pasuruan, NU Online
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur beberapa hari terakhir membuat sejumlah desa di tiga kecamatan terendam banjir. Hingga Ahad (1/3) pagi, genangan air masih melanda sejumlah desa di kawasan tersebut dengan ketinggian air di kisaran 20 hingga 50 sentimeter.
 
Banjir kali ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. Ketinggian air sudah sempat surut sebentar, namun hujan deras yang terus turun kembali membuat banjir merendam beberapa desa di Kecamatan Grati, Rejoso dan Beji.
 
Untuk itulah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Timur mengirimkan bantuan.
 
Sejumlah bahan dikirim  kepada para korban melalui Posko di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan. Bantuan berupa bahan pokok makanan itu dikirim oleh para relawan pada Ahad (1/3) malam. 
 
"Tim relawan dari PCNU Kabupaten Pasuruan sudah bergerak sejak awal terjadinya banjir. Mereka melaporkan para korban sangat membutuhkan bantuan makanan. Maka atas instruksi PWNU Jawa Timur, kami kirimkan bantuan ini," kata Syaiful Amin, Ketua Pengurus Wilayah (PW) LPBINU Jawa Timur. 
 
Menurut pantauan tim NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Andre Setiawan dan data di lapangan, di Kecamatan Beji banjir terjadi di Desa Kedungringin, Kedungboto dan Cangkringmalang. Sementara di Kecamatan Rejoso, banjir melanda Desa Toyaning, Patuguran, Arjosari, Rejoso Lor, Jarangan. Di Kecamatan Grati, banjir menimpa kawasan Desa Kedawungkulon.
 
"Ketinggian banjir mencapai 40 hingga 80 sentimeter. Banyak rumah tergenang banjir," katanya.
 
Selain menyebabkan banjir di permukiman, lanjut Andre, hujan lebat sejak Sabtu sore sempat menyebabkan sejumlah ruas jalan di Jalur Pantura terendam. Antara lain Jalan Raya Bangil dan Jalan Raya Beji. Genangan di jalur pantura ini tak berlangsung lama, namun sempat menghambat lalu lintas.
 
Hujan lebat juga menyebabkan sejumlah pohon besar tumbang dan merusak jaringan telepon maupun listrik. Di antaranya di Rembang dan di Bangil. Petugas sudah mengevakuasi pohon-pohon tumbang.
 
Andre menambahkan, bantuan logistik dari PWNU Jawa Timur ini merupakan amanah dari para donatur yang dipercayakan kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur. Untuk itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa mendukung aneka program kemanusiaan melalui program NU Peduli. 
 
Donasi dan kerja sama pendistribusian bantuan air ini bias dilakukan dengan transfer ke rekening LAZISNU Jatim di Bank Syariah Mandiri: 7199899998 (kode bank 451) atas nama PW LAZISNU Jatim
 
Juga ke Bank Muamalat 7110711099 (kode bank 147) juga atas nama PW LAZISNU Jatim. Dan usai transfer hendaknya melakukan konfirmasi ke nomor petugas yakni 0896 3009 2626.
 
 
Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG