Lampung Terus Lakukan Percepatan Terwujudnya Embarkasi Haji Raden Inten II

Lampung Terus Lakukan Percepatan Terwujudnya Embarkasi Haji Raden Inten II
Mr. Eng Mazin Baznar Ketua Tim GACA bersama Kakanwil Kemenag Lampung, Dr Endang Jamuli Atase Haji KJRI Arab Saudi, Kadishub dan Karo Kesra Provinsi Lampung (Foto: Istimewa)
Mr. Eng Mazin Baznar Ketua Tim GACA bersama Kakanwil Kemenag Lampung, Dr Endang Jamuli Atase Haji KJRI Arab Saudi, Kadishub dan Karo Kesra Provinsi Lampung (Foto: Istimewa)
Bandarlampung, NU Online
Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan berbagai upaya percepatan untuk menjadikan Bandara Radin Inten II sebagai embarkasi haji penuh. Dengan terwujudnya embarkasi haji penuh, maka jemaah haji Lampung tidak perlu ke Jakarta dulu untuk bertolak ke Tanah Suci Makkah.
 
Keseriusan ini ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Lampung dan stakeholders terkait dengan menghadiri kunjungan kerja General Authority of Civil Aviation (GACA) dalam persiapan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati sebagai Embarkasi, Debarkasi Haji, Kamis (5/3).
 
"Kita mengikuti kunjungan ini dalam upaya percepatan proses embarkasi Lampung. Dalam kesempatan ini Tim GACA sedang melakukan uji kelayakan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H Wasril Purnawan kepada NU Online melalui sambungan telepon.
 
Ia menambahkan bahwa berbagai aspek detail seperti kesiapan bandara, keamanan, sumber daya manusia dan manajeman diperlukan untuk kepastian menjadi embarkasi atau debarkasi. Semua diuji oleh GACA sebagai lembaga yang memiliki wewenang untuk menentukan kelayakan.
 
Dengan melihat langsung proses uji kelayakan ini nantinya akan menjadi bahan pemetaan teknis kebutuhan yang harus dipenuhi oleh Bandara Raden Inten II Lampung. Selain menurut Wasril, komunikasi dan koordinasi terus dilakukan Provinsi Lampung dengan berbagai elemen seperti Dirjen PHU Pusat dan KJRI Arab Saudi.
 
Uji kelayakan ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim GACA Mr Eng Mazin Baznar dan disaksikan oleh Endang Jamuli (Atase Haji KJRI Arab Saudi), Muhajir Yanis (Direktur Perjalanan Dalam Negeri), tim dari Dirjen PHU Pusat, Kepala Dinas Perhubungan dan Karo Kesra Pemprov Lampung.
 
Sebelumnya saat berkunjung ke kantor Pemprov Lampung dipenghujung tahun 2019 lalu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Mizar Ali berharap Pemprov Lampung memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mewujudkan embarkasi penuh haji pada 2020.
 
Ketiganya adalah mempersiapakan instrumen landing system, uji coba keamanan dan keselamatan, dan izin prinsip. Pihak Pemprov Lampung pun terus berupaya untuk memenuhi persyaratan ini sebagai upaya untuk mewujudkan harapan ini.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile