Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Wakil Bupati Bantul: Dzikrul Ghofilin Tingkatkan Religius dan Silaturahim

Wakil Bupati Bantul: Dzikrul Ghofilin Tingkatkan Religius dan Silaturahim
Dzikrul Ghofilin Sapu Jagat NU Pondang, Bantul, Sabtu (7/3). (Foto: Markaban)
Dzikrul Ghofilin Sapu Jagat NU Pondang, Bantul, Sabtu (7/3). (Foto: Markaban)
Bantul, NU Online
Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih terlihat hadir dalam acara Pengajian dan Mujahadah Dzikrul Ghofilin Sapu Jagad yang digelar di Masjid Nurul Huda, Grudo, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (7/3).
 
Dalam acara sambutan, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, mujahadah Dzikrul Ghofilin Ahad Pon adalah upaya meningkatkan religiusitas.
 
"Melalui bacaan dzikir, tahlil, shalawat, dan kalimat thayibah sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujarnya.
 
Selain itu, kegiatan mujahadah ini memiliki faedah silaturahim. "Bisa menjadi forum komunikasi yang cair antara umat dengan para ulama dan umara," tegas Abdul Halim Muslih.
 
Rais Syuriyah MWCNU Pundong, Kiai Djaelani Latif menyampaikan Dzikrul Ghofilin adalah rangkaian wirid, kutipan-kutipan kitab suci Al-Qur’an yang ditetapkan dibaca dalam jumlah yang ditentukan. "Berisi amalan membaca surat al-Fatihah, ayat Kursiy, asma’ul husna, istighfar, sholawat, dan tahlil," terangnya.
 
Gelaran Mujahadah Dzikrul Ghofilin Sapu Jagad merupakan kegiatan rutinan jamaah Nahdliyin Bantul Selatan, diselenggarakan setiap hari Sabtu, malam Ahad Pon. Kegiatan ini dilakukan rutin bergilir dan bergantian lokasi. Dari satu masjid ke masjid lainnya, bergantian antardesa dan antarkecamatan.
 
Purwanto, ketua Panitia mengatakan acara Mujahadah Dzikrul Ghofilin Sapu Jagad ini sudah kami siapkan sejak satu bulan yang lalu. "Dan alhamdulilah Bapak Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih bisa hadir dalam acara ini." kata Purwanto.
 
"Para tokoh-tokoh nahdliyin lainnya yang terlihat hadir misalnya ketua tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bantul, Bapak Haji Riyanto. Tampak hadir pula Bapak Suradal, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bantul," tambah Purwanto
 
Kontributor: Markaban Anwar
Editor: Kendi Setiawan
Posisi Bawah | Youtube NU Online