Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peringati Harlah, IPNU-IPPNU Lasem Ziarahi Makam Tiga Pendiri NU

Peringati Harlah, IPNU-IPPNU Lasem Ziarahi Makam Tiga Pendiri NU
Para pengurus IPNU-IPPNU Lasem berziarah ke makam para pendiri NU di Masjid Jami' Lasem, Ahad (15/3). (Foto: Dok. IPNU Lasem)
Para pengurus IPNU-IPPNU Lasem berziarah ke makam para pendiri NU di Masjid Jami' Lasem, Ahad (15/3). (Foto: Dok. IPNU Lasem)
Rembang, NU Online
Dalam memperingati harlah ke-66 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan ke-65 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri.

Mereka memilih berziarah ke makam tiga ulama yang tercatat sebagai sesepuh sekaligus muassis (pendiri) NU yang berada di kompleks Masjid Jami’ Lasem, Rembang, Ahad (15/3).

Tiga ulama pendiri NU yang mereka ziarahi yaitu KH Ma’shum Ahmad, KH Baidlowi, dan KH Kholil. Ketiganya merupakan ulama terkenal di Lasem yang kiprahnya begitu besar bagi jam'iyyah (organisasi) NU.

Ketua PAC IPNU Lasem Abdul Hamid menerangkan, kegiatan ziarah pagi tadi juga dalam rangka selapanan yang rutin diadakan oleh PAC IPNU-IPPNU Lasem. Namun, berbeda dari rutinan sebelumnya, kali ini hanya dibatasi sekitar 30 kader IPNU IPPNU saja.

“Ziarah makam tiga pendiri NU memang disesuaikan dengan rutinan selapanan biar sekalian. Peserta juga hanya terbatas 30 orang saja,” ujar Hamid kepada NU Online melalui sambungan telepon, Ahad (15/3) petang.

Selain itu, di akhir kegiatan ziarah juga diramaikan dengan pemotongan tumpeng yang dipusatkan di Pendopo Masjid Jami’ Lasem. Tepatnya di belakang masjid bersejarah tersebut. Ini dipilih sebagai ungkapan syukur dengan pertambahan usia IPNU dan IPPNU.

Hamid mengungkapkan, ziarah dipilih sebagai salah satu peringatan harlah untuk meningkatkan kecintaan kepada ulama dan mengingatkan perjuangan ulama dalam mengembangkan dan menyebarkan NU di Lasem khususnya.

Melalui ziarah kepada muassis NU, Hamid berharap para kader IPNU-IPPNU Lasem mengenal sekaligus memiliki kecintaan yang besar kepada para ulama pejuang NU. Selain itu, ia mohon doa untuk kelancaran peringatan harlah IPNU IPPNU Lasem pada Ahad (22/3) mendatang.

“Semoga nantinya peringatan harlah IPNU-IPPNU Lasem yang diisi dengan Sholawat bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf di Lapangan Desa Sumberagung, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang berjalan lancar,” pungkasnya.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
 
BNI Mobile