GP Ansor Tiga Kabupaten Adakan Visitasi Akreditasi

GP Ansor Tiga Kabupaten Adakan Visitasi Akreditasi
Visitasi akreditasi tiga Pimpinan Cabang GP Ansor yakni Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Cianjur (Foto: NU Online/Sofyan Syarif)
Visitasi akreditasi tiga Pimpinan Cabang GP Ansor yakni Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Cianjur (Foto: NU Online/Sofyan Syarif)
Sukabumi, NU Online 
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menjadi tuan rumah dalam Visitasi Akreditasi PAC GP Ansor dari tiga kabupaten di antaranya Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut berlangsung di aula gedung PCNU Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/3).

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi Farhan Zayyid menjelaskan bahwa akreditasi GP Ansor adalah sebuah amanat organisasi melalui PO/PDPRT, mulai dari PW sampai Ranting, dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana layak tidaknya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para Ketua PAC dilihat dari PO atau PDPRT.

Kedua, mengukur kinerja sekaligus mengukur kualitas kinerja organisasi sampai sejauh mana kinerja ketua PAC dalam mempertanggungjawabkan fungsinya.

“Ini akan menjadi tantangan bagi kita semua. Ketika kita mendengar jumlah data pengurus atau kader yang jumlahnya besar, keberadaannya harus bermanfaat,” katanya. “Keberadaan organisasi kita harus terasa oleh masyarakat. Jangan hanya terasa di kadernya saja. Harus jadi pemikiran bagi kita sekarang kita tunjukkan bagaimana untuk membuktikan keberadaan kita pada masyarakat,” tambahnya. 

Menurut dia, kesungguhan dalam melakukan akreditasi mulai PW sampai pengurus Ranting, saat ini hanya dilakukan GP Ansor.

Kemudian ia mengutip salah satu amanat dari kegiatan Susbanpim di Pasuruan bahwa hikmah berorganisasi dalam GP Ansor itu ada tiga, yaitu pertama, di wilayah keagamaan, kemasyarakatan dan kebangsaan.

Hadir dalam acara tersebut asesor dari PW GP Ansor Jawa Barat yaitu Jalaludin dan Hafid Sutansah serta perwakilan dari 45 PAC dari Kabupaten Sukabumi, 6 PAC dari Kota Sukabumi, dan sisanya Cianjur.

Kontributor: Sofyan Syarif
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile