Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Gerakan Koin Buka Sejarah Andilnya Nadliyin dalam Muktamar NU

Gerakan Koin Buka Sejarah Andilnya Nadliyin dalam Muktamar NU
Kunjungan Wakil Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta, KH Shodiqin Maksudi ke PCNU Jakarta Pusat, Rabu (18/3). (Foto: Farkhan Maksudi)
Kunjungan Wakil Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta, KH Shodiqin Maksudi ke PCNU Jakarta Pusat, Rabu (18/3). (Foto: Farkhan Maksudi)
Jakarta, NU Online
Semangat gerakan Koin Muktamar sebenarnya membuka kembali lembar sejarah andilnya Nadliyin dan rakyat Indonesia terhadap perhelatan muktamar. Muktamar NU zaman dahulu, setiap cabang mengirim hasil buminya masing-masing. Ada yang mengirim ratusan telur asin, ayam potong, dan karungan beras.
 
Hal itu disampaikan Wakil Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta, KH Shodiqin Maksudi saat berkunjung ke kantor PCNU Jakarta Pusat, Rabu (18/3).
 
"Dalam Muktamar NU yang dijadwalkan pada bulan Oktober 2020 mendatang, biaya Muktamar bakal dihimpun dari Nahdliyin seantero dunia melalui gerakan bertajuk Koin Muktamar sebagai wujud cinta pada NU," katanya.
 
Karena itu, ia mengatakan sebagai koordinator penggalangan Koin Muktamar NU wilayah DKI Jakarta, ia dan personel PWNU DKI Jakarta mengajak PCNU Jakarta Pusat untuk semangat dan bangkit sebagaimana kata nahdloh dalam kata NU.
 
"Bangkit dan semangat dalam menggalang pundi-pundi koin sampai tingkat ranting atau kelurahan," ujarnya. 

Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH A Zahari Rasyid mengatakan gerakan Koin Muktamar di DKI Jakarta harus sukses. "PWNU DKI Jakarta mengajak Nahdliyin di DKI untuk aktif dan ikut andil dalam menyukseskan gerakan Koin Muktamar ini, khususnya warga NU Jakarta Pusat yang masih semangat dan hangat setelah sebulan dilantik," imbuhnya.
 
Sementara itu, Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus H Syaifuddin menambahkan, gerakan Koin Muktamar di warga NU Jakarta Pusat sudah tersebar ke beberapa MWCNU atau kecamatan.
 
" Target kami 10 ribu kotak Koin tersebar sampai ke tingkat ranting atau kelurahan. Alhamdulillah sampai kemarin sudah tersebar 500 kotak Koin," kata Gus Syaifuddin.
 
Selain secara offline berupa kotak Koin, ia mengatakan, NU Jakarta Pusat juga menyediakan kotak Koin dalam bentuk online. "Yang kita beri nama Nuberbagi.com berupa aplikasi yang bisa kirim uang kita dari e-banking yang ada di hp. Insyallah dalam jangka waktu dekat kita akan launching kotak Koin dalam bentuk online ini," tambanya.
 
Kontributor: Farhan Maksudi
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile