IMG-LOGO
Daerah

Ansor, Aparat, dan Warga Brebes Ramai-ramai Lawan Covid-19


Rabu 25 Maret 2020 08:00 WIB
Bagikan:
Ansor, Aparat, dan Warga Brebes Ramai-ramai Lawan Covid-19
Tim cegah cofid-19 Kabupaten Brebes (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Langkah cepat  pemerintah menangani virus corona (Covid-19) direspons Gerakan Pemuda Ansor dan Banser, Bidan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, dan Remaja Irmush Desa Wangandalem, Brebes, Jawa Tengah mengadakan kegiatan aksi sosialisasi pencegahan corona dengan keliling desa dan penyemprotan disinfektan. 
 
Kegiatan yang digawangi Pemerintah Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes itu dipimpin langsung Kepala Desa Makmuri Rosidin. 
Mereka bergerak melakukan edukasi keliling desa tentang kewaspadaan virus Corona dan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Banser Wangandalem sekaligus Tim Satgas Ansor Cegah Corona (Covid-19) Desa Wangandalem Yusuf Dzazuki menuturkan, Ansor dan Banser akan  selalu support kegiatan yang berada di Desa Wangandalem, termasuk lawan corona.
 
"Ini bagian tugas dari Satgas Ansor," ucapnya. 
 
Dewan Pembina GP Ansor Wangandalem sekaligus Tim Satgas Pencegahan Covid 19 PC GP Ansor Brebes M Muzaqi kepada NU Online menyampaikan apresiasi langkah cepat pemerintah desa Wangandalem dalam melakukan pencegahan Covid-19. 
 
"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemdes Wangandalem, GP Ansor Wangandalem, dan segenap unsur yang mau bekerjasama untuk melakukan pencegahan persebaran corona," tuturnya. 
 
Pihaknya mengimbau kepada tim Satgas Wangandalem, untuk segera berkoordinasi dengan Pemdes terkait dengan masyarakat yang baru saja pulang dari luar kota atau dari perantauan. 
 
"Ini sangat penting, supaya kita bisa sama-sama mengawasi orang tersebut, bilamana terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, maka kita perlu ambil tindakan sebagaimana mestinya. Karena ini sangat penting untuk menekan terjadinya persebaran virus corona yang datang dari luar," tandasnya. 
 
"Sasaran penyemprotan disinfektan antara lain Kantor Balai Desa, masjid, dan mushala, serta beberapa tempat umum lainnya, pada Selasa (24/03)," jelas Kepala Desa Wangandalem.
 
Dikatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi Bupati Brebes dan Camat Brebes supaya pemerintahan desa beserta segenap elemen masyarakat melakukan kegiatan pencegahan persebaran virus corona. 
 
"Masyarakat perlu diberi edukasi (pemahaman) terkait dengan informasi virus corona seperti apa, sampai dengan pencegahannya. Sehingga masyarakat tidak panik dalam menghadapi wabah ini dan menjadi paham akan cara yang baik untuk mencegah wabah yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga," tandasnya.

Makmuri Rosidin mengatakan semua harus saling bahu membahu dalam menghadapi wabah virus corona. 
 
Lebih lanjut Makmuri menegaskan, agar segenap masyarakat Desa Wangandalem senantiasa menjaga lingkungan yang bersih, tidak jorok, dan kotor. 
 
Pola hidup sehat harus menjadi pedoman hidup kita, di samping tetap berikhtiar dan berdoa semoga virus corona ini tidak sampai di Wangandalem, Brebes. 
 
"Saya instruksikan kepada Ketua RT dan Ketua RW untuk segera membuat jadwal penyemprotan secara bergilir. Supaya perumahan warga juga ikut disemprot disinfektan. Demi menjaga lingkungan dan masyarakat agar terhindar dari corona," ujar kades.

Kontributor: Wasdiun
Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG