IMG-LOGO
Daerah

Lantunan Wirid 'Li Khamsatun' Iringi Penyemprotan Disinfektan di Pringsewu

Ahad 29 Maret 2020 19:30 WIB
Lantunan Wirid 'Li Khamsatun' Iringi Penyemprotan Disinfektan di Pringsewu
Warga NU di Kabupaten Pringsewu, Lampung kerja sosial melakukan penyemprotan di berbagai tempat untuk cegah Covid-19. (Foto:Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Hari Ahad (29/3) sebagian masyarakat di Kabupaten Pringsewu, Lampung kerja sosial melakukan penyemprotan di berbagai tempat. Langkah ini merupakan wujud kesadaran masyarakat dalam memerangi virus Corona (Covid-19). Cairan disinfektan disemprotkan di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat seperti jalan, pasar, masjid, pesantren, dan sekolah.
 
Untuk memaksimalkan hasil penyemprotan, warga masyarakat di Desa Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu mengiringi proses penyemprotan dengan mengumandangkan berbagai zikir dan shalawat.
 
Di antara yang dibaca masyarakat melalui pengeras suara di masjid adalah zikir yang diijazahkan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari yakni 'Li Khamsatun'. Zikir ini dibaca khusus ketika terjadi wabah yang bacaan lengkapnya adalah:
 
لِي خَمْسَةٌ أُطْفِي بِهاَ # حَرَّ الوَباَءِ الحاَطمَة
المُصْطَفَى وَالمُرتَضَى # وَابْناَهُماَ وَفَاطِمَة
 
Selain zikir tersebut, lantunan Shalawat Thibbil Qulub juga dikumandangkan yakni:
 
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ طِبِّ اْلقُلُوْبِ وَدَوَاءِهَا وَعَافِيَةِ اْلاَبْدَانِ وَشِفَاءِهَا وَنُوْرِاْلاَبْصَارِ وَضِيَاءِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم
 
Selain di Kecamatan Gadingrejo, penyemprotan juga dilakukan di tempat lain seperti di Kecamatan Pringsewu oleh NU Peduli Wabah Covid-19 yang digawangi Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dan Banser Kabupaten Pringsewu.
 
"Kita menerjunkan tim turun ke berbagai tempat untuk mensterilkan tempat-tempat dari virus Corona," kata pengurus LAZISNU, Kabul Muliarto.
 
Beberapa tempat yang disemprot disinfektan oleh tim NU Peduli seperti Masjid Nurrahmat Pajaresuk, Pasar Pajaresuk, Pesantren Al Muawanah Pajaresuk, Masjid KH Shobari Pringkumpul, dan Pesantren Manbaul Hisan Margakaya.
 
Ia berharap langkah ini akan memutus rantai virus Corona sehingga tidak menjangkiti masyarakat di Kabupaten Pringsewu.
 
Selain LAZISNU dan Banser Pringsewu, Pengurus Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Sukoharjo juga melakukan penyemprotan disinfektan yang merupakan paket dari LAZISNU Pringsewu. Tidak tanggung-tanggung, penyemprotan dilakukan dengan kendaraan mini bus dan tangki besar yang dimodifikasi untuk alat penyemprotan.
 
Titik lokasi yang disemprot di antaranya adalah perumahan penduduk, Pesantren Al Banun, Kampus MA Maarif Keputran, dan berbagai tempat umum di seputaran Desa Sukoharjo.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG