Sudah Sepekan Tim NU Tanggamus Fokus Antisipasi dan Edukasi Cegah Covid-19

Sudah Sepekan Tim NU Tanggamus Fokus Antisipasi dan Edukasi Cegah Covid-19
Baksos Cegah Covid-19, PCNU dan LAZISNU Kabupaten Tanggamus, Lampung. (Foto: Istimewa)
Baksos Cegah Covid-19, PCNU dan LAZISNU Kabupaten Tanggamus, Lampung. (Foto: Istimewa)
Tanggamus, NU Online
Sudah satu pekan ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tanggamus, Lampung terjun ke masyarakat untuk melakukan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Melalui aksi yang melibatkan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Fatayat Tanggamus, tim NU melakukan berbagai tindakan seperti penyemprotan disinfektan dan bagi masker gratis.
 
"Pandemi global Covid-19 merupakan ancaman bersama. Tidak terkecuali bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, Lampung untuk terus ikhtiar jalankan aksi pencegahan," kata Abdul Rouf, koordinator tim kepada NU Online, Selasa (31/3).
 
Menurut Rouf, terhitung mulai tanggal 25 Maret hingga hari ini, relawan terus bergerak untuk menyemprotkan desinfektan dan bagi-bagi 2000 masker gratis pada pengguna jalan dan masyarakat luas. Fokus objek penyemprotan lanjutnya adalah pada pondok pesantren dan masjid-masjid di lingkungan Kabupaten Tanggamus.
 
"Alhamdulillah hari ini, Selasa (31/3) kita membagikan masker di rumah sakit secanti, mengingat RS tersebut adalah rujukan Covid-19," tambah Fiky Abdurahman, sekertaris LAZISNU Tanggamus.
 
Edukasi dan sosialisasi terkait soal Corona juga diberikan oleh tim. Hal ini dilakukan dengan mengikutsertakan tenaga medis dokter yang memaparkan cara pencegahan Corona. Demo pembuatan desinfektan pun diberikan kepada para santri yang masih memilih menetap di pesantren. 
 
Sementara Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tanggamus KH Samsul Hadi Harun menegaskan, bahwa pihaknya terus melakukan ikhtiar lahiriyah dan batiniyah menghadapi Covid-19. Usaha lahir dilakukan dengan aksi sosial penyemprotan, pembagian masker, dan edukasi pada masyarakat.
 
Untuk ikhtiar batinnya, PCNU Tanggamus telah memberikan imbauan pada warga NU untuk banyak berdoa, berzikir, bershalawat sesuai instruksi PBNU. Protokoler PBNU pun disosialisasikan agar standar pencegahan serta penyebaran Covid-19 bisa dipraktikkan warga NU.
 
"Mari sama-sama berikhtiar dan saling jaga, kita bantu pemerintah kita dalam pencegahan Covid-19," pesannya pada warga NU Tanggamus.
 
Sampai dengan Selasa (31/3), terindikasi 80 orang dalam pemantauan (ODP) dan tidak ada pasien dalam pengawasan (PDP). Pemerintah daerah juga sudah membentuk gugus tugas penanggulangan Covid-19 Tanggamus untuk menangani wabah ini.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile