Imbas Corona, Banyak Madrasah Terima Siswa Baru secara Daring

Imbas Corona, Banyak Madrasah Terima Siswa Baru secara Daring
Banyak aktivitas yang biasanya dilakukan secara manual atau konvensional beralih pada aktivitas secara daring (online).
Banyak aktivitas yang biasanya dilakukan secara manual atau konvensional beralih pada aktivitas secara daring (online).
Pringsewu, NU Online
Corona Virus Disease (Covid-19) yang menjadi pandemi global saat ini mempengaruhi pola aktivitas masyarakat di berbagai belahan penjuru dunia. Banyak aktivitas yang biasanya dilakukan secara manual atau konvensional beralih pada aktivitas secara daring (online).
 
Hal ini terlihat sekali pada aktivitas di sektor pendidikan yang mengubah kelas-kelas pembelajaran di sekolah atau madrasah menjadi kelas virtual menggunakan video conference maupun mengubah pembelajarannya menggunakan e-learning. Saat ini juga hampir semua sekolah dan madrasah menggunakan sistem pendaftaran online untuk merekrut para peserta didik baru.
 
Seperti dilakukan madrasah di Kabupaten Pringsewu, Lampung yang mulai saat ini sudah mulai menyebarkan brosur informasi penerimaan siswa dan siswi baru untuk tahun pelajaran 2020-2021. Di antaranya oleh Madrasah Aliyah Ma'arif NU Keputran yang memberi kesempatan para siswanya mendaftar melalui link yang ditentukan.
 
"Cara daftarnya mudah. Hanya masuk dan mengisi link google form dengan mengisi data-data yang diperlukan. Pendaftar bisa mengunjungi link https://forms.gle/n1BMsN2YyoCDxHFv9," kata Irsadul Ibad, Kepala MA Ma'arif NU Keputran, Kecamatan Sukoharjo kepada NU Online, Rabu (8/4).
 
Untuk konfirmasi pendaftar sudah mengisi data yang sudah ditentukan, para pendaftar bisa memberitahu melalui WA ke nomor: 082176912332 (Zul) dan 0895345835933 (Andri).
 
Di samping karena kebijakan saat ini tidak diperbolehkan mengumpulkan massa dalam jumlah besar, cara seperti ini menurut Irsad lebih efektif dan efesien. Untuk ketentuan lanjut seperti test dan pengumuman kelulusan akan diberitahukan berdasarkan kondisi perkembangan wabah Corona. 
 
Bukan hanya madrasah swasta, Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu juga melakukan penjaringan siswa secara daring. Satu-satunya MAN di Pringsewu ini membuka dua jalur pendaftaran yakni jalur prestasi dan jalur reguler. Untuk jalur prestasi, MAN 1 Pringsewu melakukannya tidak dengan online karena dilaksanakan sebelum adanya pandemi Corona.
 
"Untuk jalur reguler kita menyebarkan brosur melalui media sosial dan pendaftaran menggunakan sistem online," kata Kepala madrasah, H Almadi.
 
Untuk pendaftaran reguler siswa baru secara online menurutnya akan dimulai pada 20 April 2020 sampai 9 Mei 2020. Peserta cukup mengunjungi laman http://gg.gg/formulirppdbmansap-2020 . Setelah mengisi formulir tersebut secara online, pendaftar diharuskan menyerahkan berkas pendaftaran mulai 9-12 Mei 2020.
 
"Untuk penjelasan lebih lanjut tentang pendaftaran bisa menghubungi nomor WA 081379595723 (Muhyidin) atau 082282064292 (Khairul Anwar)," tandasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile