Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kreasi Ansor Karangtengah Banyumas dan Kota Cimahi Atasi Dampak Covid-19

Kreasi Ansor Karangtengah Banyumas dan Kota Cimahi Atasi Dampak Covid-19
Hadiah lomba video Ansor Kota Cimahi dikirimkan dengan jasa ojek online. (Foto: istimewa)
Hadiah lomba video Ansor Kota Cimahi dikirimkan dengan jasa ojek online. (Foto: istimewa)
Jakarta, NU Online
Akibat wabah Covid-19, dampak ekonomi semakin dirasakan oleh masyarakat di berbagai daerah, salah satunya di Desa Karangtengah, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
 
Dampak tersebut ditandai misalnya para pedagang yang mulai sepi pembeli. Tentu saja, hal ini berkaitan pula dengan daya beli masyarakat yang menurun.
 
Permasalahan tersebut mendapat perhatian khusus oleh kader Ansor-Banser di Desa Karangtengah. Kader Ansor-Banser di desa tersebut melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian sembako dan masker. Para penerima terutama para janda, yatim atau piatu, serta dhuafa yang terkena dampak ekonomi dari kebijakan sosial distancing. 
 
Pembagian bantuan tersebut dilaksanakan pada Rabu (8/4) pukul 14.00-17.00 WIB. Bantuan sembako dan masker di antarkan langsung kepada para penerima dari satu rumah ke rumah yang lain.
 
Priyono, Kader Ansor Ranting Karangtengah yang sekaligus Wakil  Sekretaris GP Ansor Banyumas menggatakan, sebagai kader, harus peduli dan tanggap terhadap bencana yang terjadi. "Salah satunya adalah dengan membantu masyarakat agar kebutuhan pokoknya tetap terpenuhi disaat kondisi ekonomi yang tak menentu ini," ujarnya.
 
Ansor Kota Cimahi Kirimkan Hadiah Lomba Video Shalawat Thibbil Qulub
Sementara itu, Festival Video Pendek yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Cimahi, Jawa Barat yang dimulai 28 Maret 2020 telah selesai 7 April 2020. Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka ikut serta berperan membantu program pemerintah agara tetap di rumah.
 
Ansor Kota Cimahi membuat program agar kader NU yang ada di rumah itu tetap bisa berkreasi, tetap bisa berinovasi, dan tetap bisa berkhidmat. Program pemerintah agar masyarakat tetap di rumah saja akan berjalan jika masyarakat diberikan kegiatan yang produktif.

Festival diikuti oleh 23 peserta dari GP Ansor, Banser, Mds Rijalul Ansor, IPPNU Kota Cimahi. Para peserta membawakan lantunan Shalawat Thibbil Qulub atau Shalawat Syifa berdurasikan maksimal satu menit bersama keluarga  di rumah. Video diunggah di media sosial masing-masing, dengan menandai akun resmi media sosial PC GP Ansor Kota Cimahi.
 
Penilaian video dititikberatkan pada kreativitas para peserta dan dari keterlibatan keluarga yang ada di rumah. Juara 1 lomba ini adalah Hamzah dari Cimahi Utara, juara 2 Rachmat Wahidin dari Cimahi Selatan, dan juara 3 Syifa Nurunnihar dari IPPNU Kota Cimahi.
 
Hadiah berupa uang pembinaan, kuota internet, piagam penghargaan, dan paket sembako. Selain tiga hadiah untuk tiga juara, masing-masing peserta juga mendapatkan satu buah paket sembako.
 
Hadiah dikirim lewat ojek online, Kamis (9/4) dengan harapan bisa sedikit membantu juga kepada para driver ojol yang terkena dampak secara ekonomi oleh wabah Covid-19 ini.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile